Hamil 2 bulan baru terlihat kantung, apakah normal?

TD Info Penanya: TD
Selamat pagi dok, saya triana, saya positif hamil, terkahir M tgl 17 januari, tp setelah usg kok hanya kantung kehamilan saja, apakah normal dok?terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang TD,

Kehamilan adalah terjadinya pembuahan sel telur oleh sel sperma yang bisa ditandai dengan peningkatan hormon kehamilan yang akan dideteksi oleh testpack. 

Setelah diketahui pada pemeriksaan awal maka akan dilakukan pemeriksaan untuk memastikan kehamilan dengan pemeriksaan USG dimana pemeriksaan USG sendiri bisa dipengaruhi banyak hal, seperti:

  • Kemampuan mesin USG apakah 2D, 3D atau 4D
  • Operator yang melakukan USG
  • Teknik pemeriksaan USG
  • Kondisi kehamilan itu sendiri

Pada usia kehamilan trimester awal misalnya pada kehamilan minggu ke 8 sering kali memang belum tampak adanya janin karena ukuranya bari sekitar 14 milimeter, sehingga pada beberapa pemeriksaan bisa hanya tampak kantung janin saja. 

Untuk itu tidak perlu khawatir akan janin tidak berkembang atau kemungkinan lain. Tetap jaga asupan nutrisi terutama asupan asam folat di trimester awal ini dan lakukan pemeriksaan berkala untuk mengetahui kondisi kehamlan perkembangan janin berikutnya pada dokter spesialis kandungan. Anda juga bisa memilih pemeriksaan yang lebih baik seperti misalnya USG 3D untuk memastikan kondisi kehamilan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Virus zika dapat berpindah tempat, dari aliran darah ibu, menuju plasenta

2 Rute Infeksi Virus Zika yang Bisa Bahayakan Janin Anda

Virus zika adalah suatu infeksi virus yang menyebabkan bayi lahir dengan kepala yang lebih kecil dari rata-rata ukuran kepala bayi normal dan dapat menyebabkan cacat otak yang berat. Penyebab virus zika adalah gigitan nyamuk aedes dan hubungan seksual dengan orang yang terinfeksi, tanpa menggunakan kondom.