13 Jan 2021, 20:36Kandungan

Bagaimana solusi ketika terjadi ancaman keguguran?

RK
Info Penanya: RK0
Malm dok,saya hamil 2 bulan jalan cuma sering pendarahan .dan pas di usg masih ada dan dikasih obat penguat. Sudah saya minum tp masih aja pendarahan dan ngelurain gumpalan2 cuma engga banyak. Tapi pas saya cek masi garis dua gimana ya donk.saya jug asering mual dan lemes
186 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, RKTerima kasih atas pertanyaannya.Perdarahan saat kehamilan trimester pertama dapat terjadi karena beberapa hal.

Penyebab perdarahan kehamilan muda :

  • Flek kehamilan yaitu perdarahan ringan yang terkadang muncul akibat sel telur yang melekat pada dinding rahim setelah terjadi pembuahan. Perdarahan hanya seperti bercak darah dan terjadi hanya 1-3 hari.
  • Keguguran merupakan perdarahan banyak pada kehamilan kurang dari 20 minggu. Perdarahan banyak atau sering disertai kram perut.
  • Kehamilan ektopik yaitu ketika sel telur tidak melekat pada dinding rahim sehingga berada di luar rahim seperti pada saluran tuba sehingga menyebabkan perdarahan dan nyeri perut yang hebat.
  • Perdarahan akibat perubahan rahim.
  • Infeksi pada rahim ataupun vagina.
Ketika pemeriksaan USG janin masih berkembang maka yang anda alami adalah ancaman keguguran.  Ancaman keguguran adalah keguguran namun kehamilan masih dapat dipertahankan karena janin masih ada. Jika perdarahan masih berlanjut dan obat penguat sudah habis, sebaiknya anda periksa ke dokter kandungan kembali guna dilakukan evaluasi apakah kehamilan masih terjadi atau tidak.  Saat ini, ibu harus istirahat total, konsumsi vitamin hamil dan penguat yang diberikan sesuai anjuran dokter, menunda aktivitas seksual, tetap konsumsi makanan bergizi serta menghindari stress.Ketika terjadi keguguran, wajar hormon kehamilan masih ada sehingga testpack positif karena pasca keguguran yang tidak terselamatkan, hormon kehamilan akan menetap 2-4 minggu setelah itu akan turun perlahan disertai tanda hamil yang menghilang.   Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
kehamilantrimester pertama kehamilankeguguran
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil