Benjolan kecil di ketiak yang terasa sakit

KN Info Penanya: KN, Wanita, 18 Tahun
Saya mau tanya, kalau ada benjolan kecil di ketiak dan menimbulkan ketidak nyamanan bahkan terasa sakit seperti memar, itu gejala apa ya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, KN.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Benjolan kecil pada ketiak merupakan keadaan yang dapat mengindikasikan suatu kondisi medis. Terkadang hal ini tidak terlalu diperhatikan hingga menimbulkan keluhan seperti nyeri. Pada umumnya benjolan diketiak ini berupa pembengkakkan kelenjar getah bening (KGB) karena terdapat lebih dari 20 kelenjar getah bening di daerah ketiak, dan apabila ada infeksi bakteri, ataupun virus disekitarnya, maka sebagai respon dalam memerangi infeksi, KGB dapat membesar dan membentuk benjolan.

Namun demikian, selain pembesaran KGB, ternyata masih banyak faktor penyebab yang dapat menimbulkan keluhan benjolan pada ketiak.

Berikut beberapa faktor penyebab benjolan pada ketiak, diantaranya adalah :

Terkait dengan keluhan yang Anda alami, pada dasarnya dapat Anda identifikasi secara umum dengan memilah benjolan yang lebih kearah jinak ataupun yang kearah ganas. Benjolan yang berbahaya biasanya terasa keras, dan benjolan yang jinak terasa lunak dan mudah digerakan. Umumnya benjolan yang terasa nyeri dapat berupa pembesaran KGB ataupun bisul. Namun, perlu diperiksakan lebih lanjut untuk memastikan penyebab dari benjolan tersebut.

Pada benjolan yang disebabkan oleh pembesaran KGB, benjolan akan dapat menghilang dengan sendirinya seiring dengan pemulihan keadaan infeksi. Dan apabila keluhan tersebut disebabkan oleh bisul, sementara Anda dapat mengompres benjolan tersebut dengan air hangat dan apabila nyeri dirasakan menggangu Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas di apotek bergolongan asetaminofen.

Apabila keluhan tidak kunjung membaik, segeralah periksakan ke dokter secara langsung.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bawang merah menjadi salah satu bahan alami untuk mengatasi bisul di wajah

6 Langkah Mudah dan Aman Mengatasi Bisul di Wajah

Bisul di wajah adalah infeksi kulit yang umumnya disebabkan oleh bakteri Staphylococcus. Tanda munculnya bisul di wajah, yaitu kulit wajah memerah dan benjolan keras, merah, dan sakit. 4 langkah mengatasi bisul di awajah yaitu : kompres dengan air hangat, gunakan bawang merah mentah, sabun antibakteri, serta periksa ke dokter.