Apakah bisa hamil jika ejakulasi diluar organ kewanitaan?

NF Info Penanya: NF
Halo dok saya bulan 3 kemarin dtg bulan sekitaran tgl 28 selesainya sekitar tanggal 3 sehari sya selesai dtg bulan di tgl 4 ny berhbgn bdn ttpi di keluari di luar Untuk di bulan ini biasa sya dtg bulan di tgl yg sama tetapi ini telat sudah 1 hari dok apakah itu bisa menyebab kan hamil?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, NF

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Siklus menstruasi dikatakan normal selama 21 - 35 hari. Rata-rata wanita mempunyai siklus 28 hari. Siklus menstruasi dihitung dari hari pertama menstruasi sampai dengan hari pertama menstruasi pada bulan berikutnya.

Adapun beberapa hal yang dapat menyebabkan terlambat menstruasi adalah:

  • Adanya masalah hormonal
  • Adanya  masalah terhadap organ reproduksi wanita
  • PCOS
  • Kelelahan
  • Stres
  • Penggunaan kontrasepsi (KB hormonal)

Selain itu, kehamilan juga dapat menyebabkan datangnya siklus menstruasi. Terkait dengan pertanyaan Anda, Jika Anda melakukan 1 hari setelah anda selesai menstruasi, kemungkinan anda belum memasuki masa subur Anda selain itu jika ejakulasi dilakukan diluar organ reproduksi wanita maka kemungkinan terjadi kehamilan sangatlah kecil. Namun jika Anda ragu-ragu bisa menunggu hingga 1 minggu kedepan, jika masih belum ada tanda-tanda menstruasi bisa melakukan tes kehamilan atau bisa juga memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan untuk dilakukan USG.

Tindakan yang bisa Anda lakukan adalah dengan tetap menjaga  pola hidup sehat, mengonsumsi makanan bergizi, jaga kebersihan area kewanitaan, hindari stres, istirahat cukup dan lakukan olahraga ringan agar badan tetap bugar.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Rasa hangat pada air hangat dapat membuat tubuh rileks dan mengurangi nyeri haid yang dirasakan

Nyeri Haid Terasa Mengganggu? Begini Cara Menanganinya

Sebagian besar wanita mengalami nyeri haid sebelum dan saat periode menstruasi. Beberapa cara ampuh menangani nyeri haid tak tertahankan, antara lain berolahraga ringan.