Ejakulasi di luar saat masa subur, apa bisa hamil?

DN Info Penanya: DN
Halo dok, saya mau tanyaApakah bisa hamil jika berhubungan intim pada masa subur wanita tapi keluar sperma nya di luar ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, DN.

Ejakulasi adalah fase ketika seorang pria mencapai orgasme atau klimaks saat melakukan aktivitas seksual, yang ditandai dengan keluarnya sperma. Jika ejakulasi terjadi saat penetrasi, sperma yang berkualitas akan bisa membuahi sel telur dan menyebabkan kehamilan. 

Sebelum ejakulasi, penis akan mengeluarkan cairan pre-ejakulasi terlebih dahulu. Cairan pre-ejakulasi ini juga mengandung sperma dengan jumlah yang sangat sedikit, dan juga dapat menyebabkan kehamilan.

Oleh karena itu, terkait pertanyaan Anda, apabila sudah melakukan penetrasi namun ejakulasi di luar, akan ada kemungkinan cairan pre-ejakulasi membuahi sel telur. Apalagi, saat masa subur. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada kemungkinan hamil ya. Sebaiknya sarankan kepada pasangan Anda untuk melakukan testpack apabila nanti mengalami terlambat haid. 

Untuk ke depannya, jika Anda dan pasangan memutuskan untuk menunda kehamilan, Anda bisa gunakan metode kontrasepsi yang lain seperti kondom, pil, suntik, dan sebagainya. Anda juga bisa berkonsultasi kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mengetahui metode kontrasepsi yang cocok bagi Anda dan pasangan.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

ibu hamil mengalami perut kencang pada masa kehamilan 39 minggu

Hamil 39 Minggu Perut Sering kencang? Ini Jawabannya

Saat hamil 39 minggu, beberapa calon ibu mulai mengalami berbagai keluhan, salah satunya adalah perut sering kencang. Umumnya, hamil 39 minggu perut sering kencang dapat diakibatkan oleh kontraksi Braxton-Hicks. Kenali apa itu kontrakis Braxton-Hicks