Tentang siklus haid dan hubungan intim pasca melahirkan

HL Info Penanya: HL
Dok, saya caesar anak ke 2 nifas 40 hari, setelah nifas saya belum haid selama 7 bln dan saya berhubungan intim dengan mengeluarkan diluar apa pengaruh nya? Dan masih normal kah siklus haid saya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, HL.

Siklus haid yang normal adalah apabila haid terjadi setiap 21-35 hari dan berulang secara teratur. Lama haid berkisar antara 3-7 hari, dengan volume darah sekitar 15-90 cc. Siklus haid tersebut diatur oleh sistem hormon tubuh, sehingga perubahan satu atau lebih hormon akan menyebabkan siklus haid yang juga berubah.

Ketika seorang wanita melahirkan, maka hormon tubuh tidak serta-merta kembali normal seperti saat sebelum hamil. Sistem hormon membutuhkan waktu beberapa minggu, bahkan berbulan-bulan pada wanita yang menyusui secara eksklusif. Oleh karena itu, wajar saja apabila wanita menyusui tidak mengalami haid sampai tujuh bulan pasca melahirkan.

Menyusui juga seringkali disebut sebagai metode kontrasepsi (pencegahan kehamilan) alami, yang disebut Metode Amenore Laktasi (MAL). Akan tetapi, metode ini tidak terlalu efektif, karena bisa saja seorang ibu menyusui menjadi subur sewaktu-waktu, dan sel telurnya berhasil dibuahi sebelum terjadi haid.

Hubungan intim dengan ejakulasi di luar juga berpotensi menyebabkan kehamilan, walaupun kemungkinannya lebih kecil. Pasalnya, cairan pre-ejakulasi juga mengandung sperma yang dapat membuahi sel telur, dengan jumlah yang lebih sedikit.

Apabila Anda bermaksud mencegah kehamilan, ada baiknya Anda menggunakan kontrasepsi lainnya seperti kondom, pil, atau suntik. Berkonsultasilah kepada dokter spesialis kandungan dan kebidanan, untuk mengetahui jenis kontrasepsi apa yang tepat untuk Anda. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Perimenopause dialami oleh wanita usia 30-40 tahun

Mengenal Gejala Perimenopause Sebelum Memasuki Masa Menopause

Perimenopause adalah masa menuju menopause yang umumnya dialami oleh wanita usia 30-40 tahun. Siklus menstruasi yang tidak teratur adalah salah satu gejalanya.