Apa penyebab berdarah saat berhubungan pertama kali?

MA Info Penanya: MA, Pria, 1 Tahun
Hallo dok, kalau cewek pernah berhubungan terus berdarah dan yang ke dua kalinya bisa berdarah gak, Soalnya temen saya ada yang bilang jika pernah sekali dan kedua kalinya bisa berdarah lagi, apakah bener dok..??Untuk mengetahuinya gimana dok..??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi MA,

Terimakasih atas pertanyanyaan Anda di SehatQ.

Saat Anda berhubungan seksual, mengeluarkan darah sebenarnya adalah hal yang normal, namun ada beberapa kondisi yang membuat perdarahan menjadi tidak normal. Berdasarkan keterangan yang Anda berikan, saat Anda melakukan hubungan pertama kali, adalah normal jika terjadi perdarahan.

Beberapa kemungkinan yang dapat menyebabkan perdarahan :

  1. Robeknya himen atau selaput dara karena hubungan pertama kali
  2. Vagina yang masih menyesuaikan saat penis melakukan penetrasi
  3. Gesekan yang terlalu keras
  4. Penyakit organ kelamin seperti vaginitis (peradangan pada vagina), servicitis (peradangan pada serviks), dan lain lain

Sehingga jika perdarahan berlangsung lama dan di sertai dengan nyeri, sebaiknya periksakan ke dokter kandungan, untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Mengenai apakah masih bisa terjadi perdarahan saat melakukan hubungan seksual lagi. Masih ada kemungkinannya, namun hal tersebut tergantung juga pada tindakan masing-masing individu.

Selalu jaga kesehatan organ intim Anda, konsumsi makanan gizi seimbang perbanyak sayur dan buah, cukupi kebutuhan air putih minimal 2-3 liter / hari, olahraga teratur minimal 3-4 kali/minggu, hindari stres dan aktifitas yang berat.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala vaginitis akibat vaginosis bakteri yang khas adalah keputihan yang tipis dan berbau tidak sedap

Mengenal Peradangan Vagina akibat Vaginosis Bakteri

Vaginosis bakteri adalah sebutan lain dari infeksi vagina. Vaginosis bakteri dapat meningkatkan risiko infeksi kelamin wanita, khususnya penyakit menular seksual (PMS).