Menstruasi tidak lancar setelah melahirkan, apakah normal?

W Info Penanya: W
Doc, saya mau tanya kemarin tanggal 1 saya uda test pack tapi negatif hasil,a karna kmren habis lahiran saya belom ada kb biasa,a haidnya selalu lancar cuman bln semalam saya lupa uda haid atw belum.Krna haid,a kadang maju awal bulan kadang akhir bulanApa kemungkinan hamil itu bisa terjadi lgi ya doc....kapan saya bisa cek tes pack lagi
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang W,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Pada wanita yang mengalami persalinan, kemudian mengalami siklus menstruasi yang tidak normal sebenarnya adalah hal yang normal. Karena setelah melahirkan wanita akan mengalami perubahan hormon karena melahirkan, menyusui dan masa nifas. Rata-rata wanita akan mengalami menstruasi setelah 10 minggu setelah melahirkan. Namun keadaan ini tidak bisa di patok pasti pada setiap wanita. Karena faktor genetik, lingkungan, hormon juga memperngaruhinya.

Berkaitan tentang pertanyaan Anda, apakah wanita setelah melahirkan bisa mengalami hamil lagi atau biasa disebut dengan sundulan? Selama Anda nifas dan melakukan aktifitas menyusui peluang untuk hamil kecil. Namun ada kemungkinan hamil lagi jika Anda berhubungan aktif dengan pasangan.

Sehingga sebaiknya gunakan alat kontrasepsi seperti pil KB, suntik KB, IUD atau kondom jika Anda dan pasangan belum merencanakan untuk hamil lagi. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi dokter kandungan.

Selalu jaga kebersihan organ intim Anda, konsumsi makanan gizi seimbang perbanyak sayur dan buah, cukupi kebutuhan air putih minimal 2-3 liter / hari, istirahat cukup dan hindari stres.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tidak semua jenis obat antibiotik untuk ibu hamil bersifat membahayakan

Antibiotik untuk Ibu Hamil, Apa Saja yang Aman dan Tidak Aman Dikonsumsi?

Minum obat antibiotik saat hamil, boleh tidak ya? Sebenarnya, tidak semua antibiotik untuk ibu hamil membahayakan. Dokter mungkin akan memberikan antibiotik untuk ibu hamil yang aman bagi Anda dan janin apabila penggunaannya memang dibutuhkan.