halangan dua kali dalam sebulan dan tidak halangan lagi

HA Info Penanya: HA, Wanita, 17 Tahun
Dok, bulan juni saya halangan dua kali dalam sebulan nah bulan juli tidak halangan, dan agustus ini masih belum halangan kenapa ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Pagi HA

Halangan yang terjadi lebih dari satu kali dalam sebulan disebut abnormal uterine bleeding atau perdarahan abnormal, sementara saat tidak halangan dalam satu bulan disebut oligomenorhea. Kondisi kelainan menstruasi ini dapat disebabkan beberapa hal seperti stress, kegemukan, penyakit polikistik ovarian sindrome, gangguan hormonal, mioma uteri dan kista ovarium. 

Saya sarankan agar anda tidak stress, melakukan olahraga rutin, perbanyak konsumsi buah dan sayur, konsumsi vitamin e dan asam folat. Selai itu jika terdapat kegemukan sebaiknya melakukan olahraga. 

Pada keadaan tidak keluarnya menstruasi juga sebaiknya dilakukan testpack karena mungkin saja terdapat kehamilan. Untuk itu sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter kandungan Sp.OG untuk mengatasi masalah gangguan menstruasi anda. 

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Biasanya, siklus menstruasi yang normal berlangsung selama 28 hari

Pahami Siklus Menstruasi yang Normal dan Tidak Normal

Siklus menstruasi adalah perubahan organ reproduksi wanita, tepatnya pada dinding rahim. Memahami siklus menstruasi dapat membantu Anda mengenali lebih jauh mengenai kondisi kesehatan organ reproduksi. Selain itu, Anda juga dapat mengantisipasi gangguan yang terjadi dalam tubuh, seperti PMS dan PCOS.