Bagaimana cara menghilangkan bulu hidung?

AR Info Penanya: AR, Pria, 26 Tahun
Selamat siang dok ada dokter spesialis untuk menghilangkan bulu hidung dimana
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore AR,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

menghilangkan bulu hidung tidak bisa dilakukan secra sembarangan, karena dapat memicu terjadinya infeksi. Bulu hidung berfungsi menyaring udara yang Anda hirup. Dengan adanya bulu hidung maka debu, serangga kecil, bakteri dan virus yang ada di udara dapat disaring dengan baik sehingga tidak masuk ke dalam paru-paru.

Meskipun memiliki manfaat, beberapa orang merasa kurang nyaman dengan bulu hidung yang terlalu panjang atau keluar dari hidung, karena dapat mengurangi rasa percaya diri.

Berikut beberapa cara aman untuk menghilangkan bulu hidung :

1. Menggunakan gunting khusus dan di depan cermin

Gunting untuk memotong bulu hidung memiliki ujung yang bulat dan tumpul sehingga mempermudah proses menggunting tanpa melukai kulit area sekitar hidung. Disarankan untuk duduk atau berdiri di depan cermin dengan pencahayaan yang terang, gunting hidung secara perlahan, setelah tergunting hembuskan napas dari hidung agar bulu hidung yang sudah tercukur dapat tersapu keluar, disarankan memotong bulu hidung bagian tepinya saja.

2. Laser

Keamanan menggunakan laser untuk menghilangkan bulu hidung masih dalam perdebatan, karena kemungkinan dapat melukai selaput lendir dalam rongga hidung. Perlu dipastikan tindakan ini dilakukan oleh dokter spesialis kulit agar efek samping seperti iritasi atau selaput lendir terluka bisa diminimalkan.

Disarankan untuk mencukur bulu hidung cukup ujungnya saja yang keluar, karena mempertimbangkan berbagai fungsi dari bulu hidung. Bila Anda masih ragu cara mana yang paling efektif, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk mencari tahu metode mana yang lebih cocok untuk Anda.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

infeksi saluran pernapasan bawah menyebabkan batuk dan sesak napas

Infeksi Saluran Pernapasan Bawah Ini Bisa Merusak Paru-paru Anda

Infeksi saluran pernapasan bawah adalah infeksi yang memengaruhi fungsi paru-paru sehingga mengakibatkan penyumbatan yang ditandai dengan batuk dan sesak napas.