18 Aug 2021, 21:57Kandungan

Haid terlambat apakah hamil?

SJ
Info Penanya: SJ0
Dok saya mau nanya, 2 bulan yang lalu saya berhubungan sex, bulan berikutnya menstruasi tapi cuma 3 hari, lalu bulan ini sudah telat 1 minggu apa saya hamil?
138 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo S,Kehamilan dapat terjadi jika Anda melakukan hubungan seksual tanpa pengaman dan ada sperma yang masuk ke dalam vagina. Sperma pria terdapat pada dua cairan yaitu cairan mani yang keluar saat ejakulasi maupun cairan praejakulasi juga merupakan cairan pelumas berwarna bening dan keluar disepanjang ereksi. Untuk mencegah agar tidak ada sedikitpun dari kedua cairan tersebut yang masuk ke vagina dan menyebabkan kehamilan, cara yang perlu dilakukan adalah menggunakan kondom.

Gangguan menstruasi yang tidak disebabkan kehamilan

Selain mencegah kehamilan, kondom juga sangat bermanfaat untuk mencegah penularan infeksi menular seksual karena mnecegah sentuhan langsung oleh kelamin pria dan wanita. Jika setelah melakukan hubungan seksual Anda sudah menstruasi, artinya lapisan dinding rahim sudah luruh akibat tidak adanya proses pembuahan.Jika setelah proses tersebut Anda tidak melakukan hubungan seksual kembali, maka haid dibulan ini sudah tidak ada hubungannya dengan hubungan seksual 2bulan yang lalu. Selain karena kehamilan, adanya gangguan haid juga dapat disebabkan oleh stres, penggunaan KB hormonal, gangguan hormon, maupun perubahan berat badan yang terlalu cepat. jika dalam 90hari Anda tidak mengalami haid dan tidak hamil lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
hubungan seksualkehamilangangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil