02 Feb 2021, 18:12Kandungan

Apa yang menyebabkan haid tidak lancar setelah menikah ?

SS
Info Penanya: SS0
Dok kenapa ya semenjak nikah haid saya jadi ga teratur ,saya nikah bulan juni ,juli - oktober haid lancar tapi pas november 1 bulan full ga haid dan haid lagi d desember akhir nah terus januarinya udah ga haid lagi sampe sekarang ,kenapa ya dok
300 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, S.Beberapa wanita mengalami haid yang tidak lancar setelah menikah, padahal sebelum menikah haid teratur ditiap bulannya. Haid yang tidak lancar membuat wanita merasa cemas dan susah untuk menentukan kapan masa subur berlangusng, sehingga peluang untuk hamil menjadi lebih sulit.

Apa yang menyebabkan haid tidak lancar setelah menikah ?

Tidak datang bulan setelah menikah bisa karena kehamilan dimana sperma berhasil membuahi sel telur saat masa subur berlangusng. Telat haid bisa dialami hingga 1 bulan dan dapat menunjukkan hasil pemeriksaan test pack yang masih negatif karena hormon kehamilan belum terlalu tinggi sehingga tidak terdeteksi di urin.Namun tidak datang bulan bisa disebabkan oleh gangguan siklus menstruasi dimana hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor termasuk kelelahan mengurusi kehidupan rumah tangga, masalah bersama pasangan, stress, berat badan yang terlalu gemuk, berat badan terlalu kurus, penyakit penyerta, hipotiroid, maupun polycistik ovarium sindrom.

Bagaimana cara mengatasi haid tidak lancar setelah menikah ?

Cara mengatasi haid tidak lancar setelah menikah antara lain :
  • Jalani kehidupan rumah tangga dengan senang dan tanpa beban.
  • Kelola stres dan atasi semua masalah yang ada.
  • Jaga berat badan yang ideal dengan olahraga secara konsisten di rumah.
  • Menerapkan pola hidup sehat tanpa asap rokok di rumah.
Jika Anda tidak kunjung mengalami datang bulan, sebaiknya lakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter spesialis kandungan dimana pemeriksaan USG dapat lebih akurat untuk pemeriksaan kandungan dan organ reproduksi.Semoga beramnafaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
siklus haidmerencanakan kehamilangangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil