Haid yang tidak normal, apa kemungkinan penyebabnya?

NH Info Penanya: NH, Wanita, 29 Tahun
Dok, pada tanggal 12 Agustus saya haid, selama 3 hari dok. Kemudian haid lagi pada tanggal 23 Agustus selama 3 hari juga dok. Kemudian haid lagi tgl 5 september dok.Apakah itu normal dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, N

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Siklus haid pada wanita dikatakan normal bila terjadi setaiap 21 - 35 hari yang dihitung sejak hari pertama haid terakhir (HPHT) hingga hari pertama haid pada periode berikutnya. Sedangkan lamanya proses haid dikatakan normal bila terjadi selama 3 - 7 hari, bisa berupa keluar flek (bercak darah), cair kekentalan, atau bahkan berupa gumpalan dengan warna haid dikatakan normal berwarna merah gelap, kecoklatan atau bahkan kehitaman.

Kondisi yang dapat mempengaruhi siklus haid wanita dianatranya adalah:

Terkait dengan pertanyaan Anda, apabila setiap kali haid terjadi selama 3 hari, maka termasuk normal. Namun, siklus haid Anda dari 12 Agustus sampai dengan 23 agustus adalah 12 hari (siklus pendek, tidak normal kurang dari 21 hari) dan dari tanggal 23 Agustus sampai 5 September  adalah 14 hari (siklus pendek, tidak normal kurang dari 21 hari). Beberapa kemungkinan penyebab bisa dikarenakan kondisi yang sudah tercantum di atas. Untuk memastikannya, sebaiknya lakukanlah pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan terdekat.

Tips agar siklus haid lancar yang bisa Anda lakukan yaitu:

  • Berusaha memiliki berat badan yang ideal
  • Hindari stres dan juga kelelahan dengan beristirahat cukup
  • Konsumsi makanan sehat bergizi, perbanyak sayur dan buah-buahan
  • Lakukan olahraga rutin
  • Jaga kebersihan area kewanitaan

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengonsumsi makanan yang dilarang saat haid dapat memperburuk kram perut atau nyeri haid

Daftar Makanan yang Dilarang Saat Haid Agar PMS Tidak Makin Parah

Agar kram perut atau nyeri haid tidak semakin parah, hindari makanan dan minuman yang mengandung garam, gula, kopi, alkohol, makanan pedas, dan daging merah. Jika keinginan untuk makanan makanan yang manis kerap muncul, Anda bisa menggantinya dengan yang sehat seperti mengonsumsi buah-buahan smoothies buah dicampur yogurt.