28 Sep 2020, 07:34Kandungan

Abortus, apa saja jenisnya?

SH
Info Penanya: SH, Wanita, 1 Tahun
Permisi dok,, saya mw tanyakemari trakir haid sekitar tanggal 10.agustus.20 .. Nah sekarang sy haid tanggal 14.september.20 sampai sekarang blum selesai awal haidnya normal sekarang sedikit" aj kluar nya warna coklat dn gk menggumpal.. Sempat periksa ke rs dn di usg katanya kandungan nya bagus aja trus da kyk cairan aj gtu yg di takutkan hamil di saran kn tp.. Bsok nya pas tp hasih nya positif... Trus minun obat anti pendarahan sama obat anti nyeri sampai sekarang masih ada kluar darah?
168 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, STerima kasih atas pertanyaan AndaAbortus atau kerap disebut dengan keguguran adalah kondisi dimana keluarnya / kematian janin pada kandungan dengan usia kehamilan kurang dari 20 minggu. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai macam penyebab salah satunya karena adanya kelaninan pada janin yang menyebabkan janin tidak bisa bertahan di dalam kandungan.

Adapun jenis dari abortus diantaranya adalah:

  • Aborus imminens (ancaman)
    Kondisi dimana munculnya tanda awal keguguran berupa adanya bercak perdarahan (flek), dan nyeri pada area perut bawah yang belum disertai dengan lembukaan / peleharan serviks.
  • Abortus insipien
  • Abortus inkomplit
    Kondisi dimana terjadi keguguran dengan sebagian jaringan janin sudah keluar, namun masih ada yang tersisa di dalam rahim. Hal ini ditandai dengan keluarnya darah, gumpalan dan jaringan janin serta adanya pelebaran / pembuhkaan serviks.
  • Abortus komplit
Terkait dengan apa yang Anda rasakan, jika HPHT Anda adalah 10 Agustus, kemudian sejak tanggal 14 september sampai dengan hari ini (28 September 2020) Anda masih mengalami perdarahan, dikhawatirkan terjadi abortus. Untuk itu, alangkah baiknya bila Anda sesegera mungkin melakukan pemeriksaan (kontrol) kembali ke dokter spesialis kanudungan terdekat untuk dilakukan evaluasi terapi pengoabatan yang sudah diberikan.

Beberapa tindakan sementara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi perdarahan adalah:

Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
abortus imminensabortus inkomplitabortus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil