Haid tidak teratur setiap bulan

Y Info Penanya: Y, Wanita, 23 Tahun
Selamat malam Dok, saya mau bertanyaSaya sering haidnya terlambat dan itu tidak pada tanggal yang sama, misalnya saya kalo haid biasanya pada tanggal 27 bulan ini tetapi saya haidnya malah datangnya di tanggal 10 bulan depanItu kenapa ya Dok, itu sudah berlangsung sudah dari berapa bulan lalu dan saya keseringan sakit kepalaTrimakash Dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi Y. 

Terimakasih telah bertanya. Saya akan membantu menjawab pertanyaan Anda. 

Menstruasi atau haid adalah siklus bulanan yang dialami wanita usia reproduksi. Normal nya menstruasi terjadi selama 7-9 hari, darah yang dikeluarkan sekitar 5-80ml perhari, dan dengan siklus menstruasi setiap 21-45 hari. 

Meskipun menstruasi biasanya teratur, terkadang bisa melewati tanggal tangal menstruasi yang biasanya. Selama masih masuk dalam kriteria normal (siklus menstruasi setiap 21-40 hari) tersebut tidak ada yang perlu dikhawatirkan. 

Namun apabila terdapat variasi dari salah satu komponen menstruasi normal tersebut, maka perlu menjadi perhatian, misalnya: saat siklus menstruasi terjadi perdarahan yang banyak sekali sehingga harus mengganti pembalut setiap jam; menstruasi berlangsung lebih dari 9 hari; keluar darah menstruasi di luar siklus haid; atau bahkan keluar darah dari rahim lebih dari 9 hari disertai perdarahan yang banyak. 

Beberapa kemungkinan penyebab terhadap masalah tersebut antara lain :

1. Kehamilan

Pada kehamilan, siklus menstruasi tidak terjadi karena sel telur telah dibuahi sperma, sehingga siklus ovulasi terhenti. Pada kehamilan juga dapat terjadi perdarahan yang banyak atau dalam waktu lama seperti pada kasus terjadi keguguran, kehamilan ektopik, plasenta letak rendah, dan lain lain. 

2. Ada penyakit medis yang diderita.

Penyakit medis yang dapat menimbulkan gangguan pada menstruasi seperti infeksi pada mulut rahim, penyakit PCOS, gangguan tiroid, gangguan metabolik, dan lain lain

3. Perdarahan rahim abnormal.

Perdarahan rahim abnormal adalah perdarahan rahim yang terjadi pada absen nya kehamilan, tidak dideritanya penyakit medis tertentu, atau gangguan pada organ di panggul.

Perdarahan rahim abnormal diklasifikasikan lagi berdasarkan penyebab yang mendasari nya yaitu kelainan struktural dan non-struktural. Kelainan struktural dapat berupa polip, penebalan rahim, mioma, keganasan, atau adenomiosis. Kelainan nonstruktural dapat berupa gangguan pada pembekuan darah, gangguan pada hormonal, penggunaan obat obat Kontrasepsi, dan lain lain. 

Apabila anda khawatir dengan keluhan Anda, disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan agar dapat diwawancarai lebih lanjut mengenai keluhan Anda dan juga dapat dilakukan pemeriksaan langsung sesuai keluhan Anda. Dokter mungkin membutuhkan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah lengkap, USG, dan lain lain. Penyebab yang berbeda tentunya memerlukan penanganan yang berbeda.

Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan reproduksi anda:  

  1. Jaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung gizi lengkap seperti daging merah, hati, dan sayur sayuran
  2. Hindari makan makanan berpengawet terlalu sering
  3. Tidak merokok dan mengkonsumsi alkohol
  4. Olahraga teratur
  5. Istirahat cukup
  6. Hindari stress

Jika Anda mengalami kondisi seperti

  • Keluar darah sangat banyak saat menstruasi sehingga harus mengganti pembalut tiap jam

Segera periksakan diri Anda ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Sandy Aditya P. 

Y
19 Sep 2019, 07:11
Trimakasih Dok,
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Rasa hangat pada air hangat dapat membuat tubuh rileks dan mengurangi nyeri haid yang dirasakan

Nyeri Haid Terasa Mengganggu? Begini Cara Menanganinya

Sebagian besar wanita mengalami nyeri haid sebelum dan saat periode menstruasi. Beberapa cara ampuh menangani nyeri haid tak tertahankan, antara lain berolahraga ringan.