11 Sep 2019, 16:02Penyakit Lainnya

Haid tidak teratur setelah menikah

AE
Info Penanya: AE, Wanita, 2019 Tahun
Hy dokter saya ingin bertanya. Dengan saya agustin ingin menanyakan tentang haid yg tidak teratur. Sebelum sya menikah haid sya lancar tetapi setelah menikah haid saya mulai kurang lancar dok, smpk pernah 1thn ndak haid trus saya periksa ke rmh sakit ternyata tidak ada apa" smpk usg pun hasil menunjukn baik" saja akhirnya saya di kasih obat untuk memperlancar haid. Tpi setelah tidk mnum obt itu lagi saya telat haid lagi sya kira hamil ternyata nihil. Pertanyaanya : knpa kok bisa begitu ya dok, apa efek kecape'an ?
32155 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang AE,Siklus menstruasi yang tidak teratur dapat dipicu oleh beragam hal dimana salah satunya adalah kondisi psikis seperti stres. Saat memulai kehidupan pernikahan tentunya ada sejumlah hal yang berubah dala menjalankan aktivitas sehari-hari dimana tidak jarang kondisi ini meningkatkan kelelahan baik fisik dan juga mental yang dapat berpengaruh pada siklus menstruasi. Siklus menstruasi yang terganggu dan haid yang sering terlambat dinilai dari kapan siklus menstruasi terjadi, normalnya siklus menstruasi terjadi antara 21-45 hari sekali. Jika lebih cepat dari 21 hari dan lebih lambat dari 45 hari maka dapat dikatakan tidak normal. Penyebab terlambat menstruasi sendiri seperti:
  • Penggunaan alat kontrasepsi
  • Gangguan hormonal
  • Kelelahan baik fisik atau mental
  • Perubahan berat badan yang drastis
  • Adanya gangguan pada saluran reproduksi akibat penyakit tertentu
  • Kehamilan
Apabila keluhan haid tidak teratur dirasa semakin mengganggu terlebih membuat sulit untuk hamil. Ada baiknya untuk kembali diperiksakan dan dilakukan upaya untuk memulai program hamil sesuai dengan kondisi Anda. Upayakan untuk merubah gaya hidup agar lebih sehat sehingga haid bisa kembali normal dengan cara mencukupi kebutuhan istirahat, cukup tidur, makan-makanan bernutrisi, cukupi kebutuhan cairan, jaga berat badan ideal, kelola stres dengan baik, dan juga perhatikan apakah ada pencetus lain yang menimbulkan siklus tidak teratur. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
siklus haidmenstruasigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil