25 Aug 2021, 11:43Kandungan

Apakah perdarahan setelah hubungan tanda penyakit berbahaya?

HS
Info Penanya: HS0
Hallo dok,saya mau bertanya saya nikah januari 2021 saya memutuskan suntik KB dulu yang 3 bulan ..dari bulan februari sampe aprill..setelah itu saya sudah tidak di suntik KB lagi ,,namun di bulan seterusnya haid saya tidak teratur sampe sekarang ,terus kemarin saya haid di tgl 21 sampe 22 di tgl 23 darah nya sudah tidak ada lagi saya memutuskan bersih" selang 2 hari saya berhubungan dg suami saya namun di pagi hari nya setelah tidur di daleman saya ada darah yang warna coklat dan lumayan banyak, apakah itu darah haid atau bukan? Dan bisa berbahaya atau tidak ?
77 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, HTerima kasih atas pertanyaannya. Perdarahan dari vagina setelah hubungan intim dinamakan post-coital bleeding yang dapat merupakan tanda haid tetapi juga tanda kelainan di rahim jika berulang.  

Penyebab perdarahan setelah hubungan intim :

  • Sisa darah dari haid sebelumnya atau merupakan darah haid lanjutan. 
  • Kehamilan dan menyusui. 
  • Infeksi vagina. 
  • Penggunaan KB hormonal. 
  • Adanya penyakit di rahim contohnya endometriosis, kista, tumor hingga radang panggul.  
Bila sebelumnya menggunakan KB suntik ada kemungkinan haid menjadi tidak teratur karena efek penggunaan KB yang masih ada walaupun sudah lepas suntik.  Lalu perdarahan yang terjadi ada kemungkinan bisa karena darah haid atau efek gangguan hormonal karena efek KB sebelumnya. Untuk itu bila perdarahan berlanjut lebih dari 7 hari ataupun berulang setiap hubungan intim, ada baiknya periksa ke dokter spesialis kandungan guna pemeriksaan USG rahim sehingga dapat diketahui apakah perdarahan abnormal tanda penyakit berbahaya atau karena faktor hormon yang tidak stabil sehingga menganggu siklus haid.  Sementara ini perbanyak air putih, jaga berat badan seimbang, kelola stres dan cemas, istirahat teratur dan kurangi begadang serta olahraga rutin guna membantu jaga hormon stabil dan siklus haid lancar kembali.  Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
hubungan seksualpenggunaan kbperdarahanflek darah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil