03 Aug 2021, 14:47Kandungan

Penyebab haid tidak teratur setelah pengobatan TBC

YW
Info Penanya: YW0
Dok kan saya mempunyai penyakit TBC tapi bulan ini saya dinyatakan sembuh haid saya tidak teratur Pas bulan sebelum haid saya lancar mendekati bulan bulan skrng tidak teratur bulan mei tgl 30 saya haid smpai tgl 6 lalu bulan Juni saya tidak haid diawal bulan Juli saya haid tgl 4 terus bulan ini saya tidak haid Itu kenapa ya dok Terimakasih
232 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat sore, Y.Banyak perempuan yang mengeluh telat datang bulan, haid tidak teratur, maupun haid berkepanjangan. Gangguan haid tidak hanya dialami perempuan yang sudah berhubungan intim dan menikah saja, bahkan banyak anak muda mengalami hal yang sama.

Apa yang menyebabkan haid tidak teratur setelah pengobatan TBC ?

Anda yang mengalami keluhan haid tidak teratur dimana Anda mempunyai penyakit TBC dan baru selesai pengobatan serta dinyatakan sembuh, dapat disebabkan oleh berbagai faktor pemicu antara lain :
  • Infeksi kronis termasuk TBC menganggu kerja hormon.
  • Gangguan hormonal saat Anda memiliki tubuh yang terlalu kurus, menggunakan KB mengandung hormon, penyakit hipertiroid, PCOS, kista ovarium, tumor pituitari.
  • Kondisi tubuh yang belum fit.
  • Pola hidup yang tidak sehat.

Bagaimana cara mengatasi haid tidak teratur ?

Haid tidak teratur dapat diatasi dengan berbagai cara antara lain :
  • Berusaha untuk jauh lebih sehat.
  • Pertahankan berat badan ideal.
  • Melakukan olahraga secara rutin.
  • Atasi setiap penyakit dengan tuntas.
  • Konsumsi vitamin termasuk asam folat.
Jika haid Anda tetap tidak teratur, bahkan tidak haid hingga berminggu-minggu dari jadwal seharusnya, lakukan USG dan konsultasi ke dokter spesialis kandungan.Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Lidya Hapsari.
siklus haidgangguan menstruasipola hidup sehat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil