05 Jun 2021, 05:25Kandungan

Haid tidak teratur, apa penyebabnya?

AR
Info Penanya: AR0
Dok saya mau bertanya..? Istri saya haid awal pertama cuman keluar flek coklat saja itu pun tdk kluar darah haid kaya biasanya lgi. Biasa nya awal haid memang selalu flek coklat dlu yang kluar nah kenapa ya sekarang tidak lagi kluar ? Cmn flek coklat nya saja ? Itu penyebab nya kenapa ya? Tlong jelaskan dok? Ohia berapa hari jangka setelah flek coklat kluar darah haid nya kluar? Terimakasih dok semoga di jawab?
60 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, ATerima kasih atas pertanyaan AndaHaid terjadi karena peranan penting organ reproduksi wanita dan juga hormon reproduksi pada tubuh wanita. Secara ideal siklus haid wanita adalah 21-35 hari dengan lamanya haid normal terjadi selama 3 -7 hari. Secara ideal perdarhaan haid ini bisa berwarna merah terang, merah kecoklatan, coklat, merah gelap atau bahkan kehitaman. Biasanya perdarhaan haid ini dimuali dengan flek (bercak), keluar darah cair kekenatalan, gumapalan dan dkahiri flek kembali sebagai tpertanda bahwa perdarhan haid akan berakhir.

Di bawah ini adalah beberapa kondisi yang bisa menyebabkan haid tidak teratur:

  • Kelelahan fisik
  • Berat badan yang tidak ideal
  • Stres, cemas, depresi ataupun kondisi emosi yang sedang tidak stabil
  • Efek dari penggunaan KB
  • Penyakit pada organ reproduksi
  • Ketidaksiembangan hormon pada tubuh, PCOS ataupun apda penyakit tiroid
Terkait dengan apa yang terjadi pada istri Anda, salah satu penyebab haid tidak teratur bisa terjadi karena kondisi yang disampaikan di atas. Namun, apabila ada riwayat berhubungan seksual kemudian keluar bercak darah (flek) terjadi kurang dari 3 hari, sebaiknya lakukan tes kehamilan untuk tahu apakah istri Anda sedang hamil atau tidak. Tetap konsumsi makanan bergizi, hindari kelelahan, atasi stres, jaga berat badan tetap ideal dan lakukan istirahat cukup. Apabila keluhan masih belum juga membaik, silakan lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai dengan penyebabnya.Semoga bermafaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
siklus haidhaidgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil