23 Mar 2021, 08:46Kandungan

Apa penyebab haid tidak teratur?

DE
Info Penanya: DE, Wanita, 27 Tahun
Dok saya mau bertanya . Saya bulan dua kemarin tanggal 8 haid.. terus di tanggal 20 saya haid lagi.. tanggal berapa saya haid lagi dok.
119 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang,DTerima kasih atas pertanyaan AndaSiklus haid pada wanita dihitung dari hari pertama haid terakhir sampai dengan hari pertama haid kembali pada periode berikutnya. Karena dihitung jumlah harinya, maka setiap bulan siklus haid tidak terjadi di tanggal yang sama. Hal ini dikarenakan setiap bulan mempunyai jumlah hari yang berebeda-beda. Siklus haid wanita ini juga berebda-beda setiap wanita satu dengan yang lainnya, normalnya berksiar 21- 35 hari dengan rata-rata wanita mempunyai siklus haid 28 hari.

Kondisi yang bisa mempengaruhi haid wanita diantaranya adalah:

  • Stres
  • Keadaan fisik seperti obesitas, kelelahan
  • Adanya ketidakseimbangan hormon dalam tubuh
  • Efek samping dari penggunaan alat kontrasepsi (KB)
  • Penyakit pada organ reproduksi
  • PCOS
Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, untuk prediksi kapan Anda bisa haid kembali tergantung dari siklus haid Anda, tertaur ataukah tidak. Jika siklus haid Anda tidak teratur, maka tidak bisa memprediksikannya. Beberpa kemungkinan penyebab haid yang tidak teratur salah satunya bisa dipengaruhi oleh faktor yang disampaikan di atas. Tetap berusaha makan makanan bergizi,atasi stres, jaga berat badan tetap ideal, hindair kelelahan, istirahat cukup dan berolahraga ringan agar tubuh tetap bugar dan siklus haid kembali lancar. Periksa ke dokter spesialis kandungan untuk tatalaksana lebih lanjut.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
siklus haidhaidgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil