10 Mar 2021, 21:39Kandungan

Haid berjarak 13 hari pada remaja

PN
Info Penanya: PN0
assalamualaikum Dok saya mau nanya dok kemarin haid tanggal 26 februari dan skrng haid lagi tanggal 10 maret apa it normal dok soal ny saya msh remaja it knp yah dok ?
129 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat sore, PN.Sebenarnya, jarak antarhaid yang normal berkisar antara 21-35 hari. Apabila lebih singkat dari 21 hari, maka ada ketidakseimbangan hormon tubuh. Tapi, kondisi tidak seimbangnya hormon ini merupakan sesuatu yang wajar pada usia remaja, karena proses pembentukan dan optimalisasi sistem hormon masih dalam tahap perkembangan.Namun, pastikan Anda tetap menjaga kesehatan, karena cairan darah yang keluar menjadi lebih banyak akibat jarak haid yang terlalu singkat. Upayakan untuk konsumsi air putih yang cukup. Konsumsi juga makanan-makanan yang mengandung zat besi; misalnya bayam merah, buah bit, atau daging.

Tips Hormon Seimbang

Lalu, lakukan beberapa tips keseharian agar sistem hormon dapat lebih seimbang seiring bertumbuhnya Anda ke usia dewasa:
  • olahraga 3-4 kali per minggu, dengan durasi minimal 30 menit per sesi
  • tidur 7-9 jam pada malam hari
  • kelola stres dengan melakukan yoga dan meditasi
  • hindari minuman kemasan plastik sekali pakai yang mengandung BPA
Untuk informasi lebih lanjut, sampaikan kepada orangtua Anda agar mengantar berkonsultasi kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan ya. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
siklus haidhaidmenstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil