04 Dec 2020, 17:26Kandungan

Jarak haid terlalu dekat, apa penyebabnya?

MH
Info Penanya: MH0
Dok sy usia 31 tahun sdh menikah tgl 23 nov haid banyak di hari pertama dan kedua tapi tiba2 reda di hari ke 3 dan bersih dihari ke 4 nah tgl 4 des ada haid lagi dok tp sedikit... Apa yg sdg sy alami dok knp bs dl rentan bbrp hari sj bisa haid lg...???
1330 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, MH.Idealnya, jarak haid yang normal adalah setiap 21-35 hari. Apabila di bawah 21 hari atau di atas 35 hari, kemungkinan ada salah satu atau lebih hormon tubuh yang tidak seimbang, sehingga menyebabkan perdarahan di luar masa haid yang seharusnya. Beberapa kondisi yang menyebabkan ketidakseimbangan hormon adalah:
  • konsumsi jenis obat-obatan tertentu
  • menggunakan kontrasepsi hormonal
  • turunnya berat badan secara drastis
  • stres berlebihan
  • gangguan kecemasan
  • berolahraga terlalu berat
Mengingat bahwa jarak haid Anda adalah dari 23 November ke 4 Desember (12 hari), maka kemungkinan Anda memiliki satu atau lebih penyebab di atas. Untuk langkah awal, Anda disarankan mencoba melakukan beberapa pola hidup agar hormon dapat seimbang, misalnya mengonsumsi sayur dan buah yang bervariasi, tidur cukup, dan lakukan olahraga secara rutin.Lalu, pantau siklus haid Anda selanjutnya, ya. Apabila masih terlalu cepat atau malah tidak datang selama tiga bulan berturut-turut (terlalu lama), maka periksakan kondisi Anda ke dokter kandungan agar dilakukan USG rahim serta pemeriksaan penunjang lain yang dibutuhkan. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
siklus haidhaidgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil