Haid tidak teratur, apakah berbahaya?

AN Info Penanya: AN
Assalamualaikum dok, umur saya 26 tahun sudah menikah. Dok dari awal haid (14 th) sampai sekarang siklus haid saya tidak teratur. Tetapi setelah menikah ketika saya haid 10 hari selesai kemudian keluar lagi darah flek ( merah kecoklatan ) sampai 1 Minggu dan itu berlangsung selama 5 bulan terakhir dok. Bagaimana dok? Apakah berbahaya? Dan saya sudah pernah di USG kata dokter rahim saya normal.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, ANF.

Haid yang tidak teratur bisa berbahaya atau tidak, tergantung kepada penyebabnya. Apabila haid berlangsung sepuluh hari, lalu beberapa hari kemudian muncul lagi flek di luar siklus, seperti yang Anda alami, maka hal tersebut disebut dengan menometroragia.

Beberapa penyebab menometroragia adalah:

  • Obesitas atau overweight
  • Stres berlebihan
  • Gangguan faktor pembekuan darah
  • Endometriosis (penebalan lapisan rahim bagian dalam)
  • Kista ovarium
  • Polip rahim

Tetapi, apabila Anda sudah pernah melakukan USG dan dikatakan normal pada lima bulan terakhir tersebut, maka kemungkinan besar hal ini disebabkan oleh gangguan hormon yang bisa dipicu oleh perubahan pola hidup setelah menikah. Pasca pernikahan, tentunya ada adaptasi kebiasaan baru yang perlu dilakukan, dimana bisa memicu stres atau kelelahan.

Oleh karena itu, coba kelola tingkat stres dengan rutin melakukan yoga dan meditasi. Hindari kelelahan dalam mengurus rumah tangga, dan jagalah komunikasi yang baik dengan suami. Konsumsi juga makanan sehat dan minum air putih yang cukup, agar hormon dapat lebih seimbang.

Apabila dengan saran di atas masalah Anda tidak terselesaikan, atau Anda merasa lemas, pusing, bahkan pingsan, segera periksakan diri Anda kembali ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hamil tapi haid tidak mungkin terjadi

Hamil tapi Haid, Mungkinkah Terjadi?

Ada sebagian orang yang merasa dirinya mengalami haid saat hamil. Ketika hamil, vagina memang dapat mengeluarkan darah dari vagina. Namun, hamil tapi haid itu sebenarnya tidak mungkin terjadi.