Apakah siklus haid saya normal?

IF Info Penanya: IF, Wanita
Malam dok. Saya sudah lepas kb implan dari bln feb ,dan 3bln terakhir siklus haidnya selalu maju 4 hari dr bln seblumnya.bulan agt haid tgl 5. Dan skrg tgl 1 saya sudah haid. Apakah ini normal?Kebetulan saya ingin hamil lagi. Apakah dengan siklus haid seperti itu saya bisa cepat hamil? Saya kb impaln sudah 3 th karena sebelumnya lahiran sc. Tolong penjelasannya dok.terima aksih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, IF.

Siklus haid yang normal berkisar antara 21-35 hari, dimana siklus haid yang Anda alami adalah 26-27 hari (maju empat hari dari bulan sebelumnya). Berdasarkan data tersebut, maka siklus haid Anda masih tergolong normal.

Pada wanita dengan siklus haid normal dan teratur, kemungkinan terjadinya kehamilan akan lebih besar, karena dapat dilakukan penghitungan masa subur. Apabila menginginkan kehamilan, disarankan untuk melakukan hubungan intim setiap 2-3 hari, terutama pada saat rentang waktu masa subur tersebut.

Puncak masa subur (ovulasi), yaitu saat sel telur siap dibuahi, jatuh tepat 14 hari sebelum haid berikutnya. Oleh karena itu, disarankan untuk berhubungan sekitar 1-5 hari sebelum ovulasi tersebut.

Apabila diaplikasikan ke data yang Anda berikan, masa subur Anda akan jatuh pada hari ke 7-13, terhitung dari hari pertama menstruasi. 

Selain berhubungan pada masa subur, baik istri maupun suami disarankan untuk melakukan beberapa hal di bawah ini:

  • Mengonsumsi makanan bergizi, penuhi kebutuhan asam folat, zat besi, kalsium, dan protein
  • Tidur cukup 7-9 jam per hari
  • Berolahraga rutin 3-4 kali per minggu, dengan durasi minimal 30 menit
  • Kelola stres dengan rutin melakukan yoga dan meditasi
  • Hindari merokok

Dengan hal-hal di atas, kualitas sel telur dan sperma akan membaik. Dengan demikian, kemungkinan kehamilan semakin meningkat lagi. Lalu, apabila Anda masih membutuhkan informasi lebih lanjut, berkonsultasilah ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan secara langsung. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keputihan bisa menandakan bahwa akan menstruasi atau mengawali kehamilan.

Ini Bedanya Keputihan Tanda Hamil dan Keputihan Haid

Keputihan tanda hamil dan keputihan haid bisa dibedakan berdasarkan volume, waktu kemunculan, tekstur, dan warnanya. Keputihan yang merupakan tanda hamil juga biasanya akan disertai gejala lain seperti mual dan kram perut.