14 Jul 2020, 10:19Kandungan

Kapan bisa haid setelah lepas KB 3 bulan?

RW
Info Penanya: RW0
selamat pagi dok , saya pernah suntik kb 3 bulan tapi cuma sekali dan itupun sya tidak kb lagi , haid saya pun tidak teratur , tetapi kok saya smpek skrang blum hamil lgi ya dok ?
9293 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat sore, RW.Haid atau menstruasi adalah kondisi keluarnya darah dari liang vagina, yang berasal dari luruhnya dinding rahim karena tidak ada proses pembuahan. Mekanisme terjadinya haid diatur oleh sistem hormon tubuh secara alami. Sehingga, jika ada satu atau lebih hormon yang berubah, siklus haid juga akan menjadi tidak teratur.Salah satu hal yang dapat menyebabkan hormon alami tubuh berubah adalah kontrasepsi suntik 3 bulan, yang mengandung hormon progesteron sintetik. Hormon ini akan membuat lendir rahim lebih kental sehingga sperma tidak mampu bertahan hidup, serta membantu mencegah pelepasan sel telur. Dengan demikian, kehamilan tidak akan terjadi.Setelah tidak lagi menggunakan kontrasepsi tersebut, hormon tubuh tidak serta-merta langsung kembali normal. Rata-rata wanita membutuhkan waktu 6-12 bulan sampai siklus haidnya kembali normal. Setelah haid normal, barulah seorang wanita dapat subur kembali, dan dapat hamil lagi.

Pola Hidup Sehat agar Hormon Seimbang

Untuk membantu agar hormon dapat kembali seimbang, sebaiknya Anda melakukan pola hidup sehat, sebagai berikut:
  • Memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral tubuh, dengan cara mengonsumsi buah dan sayur
  • Mencukupi kebutuhan protein tubuh
  • Minum air putih yang cukup
  • Menghindari makanan dan minuman yang berpengawet atau mengandung pemanis buatan
  • Rutin berolahraga
  • Tidur cukup 7-9 jam per hari
  • Menghindari stres, misalnya dengan melakukan yoga atau meditasi secara rutin
Apabila Anda sudah menjalankan pola hidup sehat, tetapi lebih dari 12 bulan tidak haid, maka hal tersebut tidak normal. Sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan, ya. Nantinya akan dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang, seperti USG rahim atau laboratorium. Kemudian, ada kemungkinan Anda akan diberikan obat-obatan agar haid kembali normal. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
penggunaan kbmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil