Haid tidak teratur apa normal?

N Info Penanya: N, Wanita, 34 Tahun
Saya NA,usia 34 tahun.saat ini saya menstruasi lebih awal dari biasanya.biasa saya haid tanggal 15 maju jadi tanggal 13.dan haidnya pun lebih singkat,terkadang 1 atau 2 hari.yang biasanya 5 hari jadi berkurang.yang ingin saya tanyakan apakah haid saya masih terhitung normal..terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi N,

Siklus haid wanita normalnya setiap 21-35 hari sekali dengan durasi berkisar 3-7 hari dan sangat dipengaruhi oleh hormon-hormon yang ada di dalam tubuh seperti hormon estrogen, progesteron, tiroid, androgen, dll.

Bila siklus haid Anda maju beberapa hari (2 hari) maka Anda tidak perlu cemas berlebihan, termasuk bila durasi haid menjadi berkurang. Karena hal ini bisa disebabkan oleh faktor stres, kelelahan, perubahan berat badan misal diet yang terlalu ketat, kurang tidur, tidak pernah olahraga, dll. Bila kejadian ini baru terjadi 1 atau 2 kali maka Anda tidak perlu cemas dan jalankan pola hidup sehat.

Pola hidup sehat yang dapat Anda terapkan adalah:

  • Olahraga secara teratur.
  • Usahakan berat badan seideal mungkin, tidak kegemukan atau terlal kurus berlebihan. Bila Anda sedang program menurunkan berat badan, maka lakukan secara bertahap. Penuruna berat badan yang ideal sekitar 3-4 kg setiap bulannya.
  • Makan makanan bervariasi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh.
  • Usahakan tidur dan bangun di jam yang sama, dan tidur sekitar 8 jam setiap hari.
  • Hindari stres.

Bila kejadian ini sudah terjadi berulang kali maka lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan, karena bisa saja ada gangguan seperti PCOS, adenomiosis, dll. Biasanya dokter akan memastikan kondisi organ reproduksi Anda dengan melakukan USG.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menghadapi stres di tempat kerja dapat dilakukan dengan mengidentifikasi diri terlebih dahulu

3 Cara Menghadapi Stres di Tempat Kerja

Menghadapi stres di kantor merupakan persoalan yang rumit. Anda perlu mengidentifikasi diri sendiri dengan beberapa pertanyaan untuk memastikan Anda stres atau tidak, kemudian cobalah untuk bercerita dan bersantai.