Keluar darah seperti haid, tapi sedikit, berbahayakah?

N Info Penanya: N
Malam dokter saya baru menikah tgl 6juni kmren.saya tidak haid dari april setelah saya periksa katanya masalah hormon saya dikasih obat pelancar haid dan saya haid tgl 26 juni tgl 2 sudah berhenti saya buat berhubungan sama suami trnyata ada cairan kuning kemerahan gtu..dan skrg tgl 4 juli saya ada cairan darah kayak haid tpi sdikit dok..ada apa ya dok?bahayakah?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, N.

Haid atau menstruasi adalah hal alami yang akan dialami oleh wanita pada usia subur. Haid pertama biasanya dialami pada usia remaja, dan terus berulang setiap 21-35 hari sampai tiba menopause di usia lanjut. Haid dikontrol oleh sistem hormon tubuh, sehingga jika ada salah satu atau lebih hormon yang terganggu, maka haid juga akan mengalami ketidakteraturan.

Beberapa hal yang dapat mengganggu keseimbangan hormon adalah:

  • Kenaikan atau penurunan berat badan secara drastis, apalagi jika dalam waktu singkat
  • Kelelahan atau tekanan fisik
  • Stres atau tekanan psikologis
  • Penyakit tertentu pada rahim, seperti PCOS dan kista ovarium
  • Penyakit lainnya, seperti gangguan tiroid
  • Konsumsi obat-obatan tertentu yang mengandung hormon

Terkait kondisi yang Anda sampaikan, ada kemungkinan bahwa bercak darah bercampur cairan kuning yang Anda alami disebabkan oleh efek samping dari obat hormon yang pernah Anda konsumsi. Kemungkinan lainnya, bercak tersebut adalah sisa darah haid Anda yang sebenarnya belum benar-benar bersih pada tanggal 2 Juli.

Jika benar disebabkan dua kondisi di atas, maka hal tersebut tidak berbahaya. Tetapi, ada juga kemungkinan lain seperti infeksi atau luka pada liang vagina, dimana hal tersebut bisa saja berbahaya. 

Untuk memastikannya, Anda dapat berkonsultasi kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan, agar dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang seperti USG rahim atau tes laboratorium kadar hormon. Dengan demikian, dapat dipastikan dengan jelas penyebab flek tersebut. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada berbagai kondisi yang menjadi penyebab nyeri haid

Berbagai Penyebab Nyeri Haid, Mulai dari Kondisi Normal hingga Serius

Apakah nyeri haid termasuk kondisi normal? Apa penyebabnya? Jika Anda sedang haid atau menstruasi, pertanyaan tersebut pasti kerap muncul dalam benak Anda. Temukan jawabannya di artikel berikut.