15 Jun 2020, 23:12Kandungan

Haid tidak teratur setelah lepas KB suntik, karena apa ?

YY
Info Penanya: YY0
Halo dok.saya wanita berumur 30thn.dan anak 1.sya mau tanya setelah sya lepas Kb suntik yg 3bln.haid sya tidak teratur.pdhl sya sdh lepas kb dari anak sya 2thn.dan sya baru dpt haid setelah anak sy berumur 3thn-3bln.dan skrg haid yg sya alami tidak teratur.1bln itu bisa 3x dtg haid dlm/minggunya.kdg sya alami haid baru sja dtg minggu kemarin 4hari kemudian bisa dtg lg.itu knp ya dok.sya minta tolong mohon dijelaskn knp.pdhl sya ingin sekali tambah momongan.terima kasih sebelumnya dok. :)
16797 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat malam, YY.KB suntik adalah alat kontrasepsi hormonal yang diberikan dengan metode penyuntikan pada bagian tubuh tertentu wanita. Periode penyuntikannya terbagi menjadi dua waktu, yakni 1 bulan dan 3 bulan. KB suntik masih cukup banyak diminati, karena tidak harus digunakan setiap hari namun tingkat keberhasilannya sama tinggi dengan jenis KB hormonal lainnya. Namun demikian, selain tingkat keberhasilannya, KB suntik pun memiliki efek samping yang hampir serupa.

Adapun efek samping KB suntik yang sering terjadi  :

  • haid menjadi tidak teratur ataupun berhenti sama sekali
  • penambahan berat badan yang tidak terkendali
  • munculnya gejala-gejala seperti nyeri payudara, nyeri kepala, perut kembung hingga gangguan suasana hati (mood)
  • memicu penurunan kepadatan tulang saat menggunakan KB suntik
  • tidak terlndungi dari penyakit infeksi menular seksual
  • setelah berhenti menggunakan Kb suntik, dapat membutuhkan waktu yang cukup lama untuk subur atau hamil kembali 
Terkait dengan keluhan haid Anda yang menjadi tidak teratur, merupakan salah satu efek samping yang paling umum terjadi. Hal tersebut terjadi karena KB suntik yang berisi obat-obatan hormonal ini cara kerjanya adalah mengubah fungsi hormon pengatur siklus haid sehingga peluang kehamilan dapat ditekan, namun disisi lain, memberikan efek samping berupa keadaan hormon yang tidak seimbang dan berdampak pada gangguan haid.Mengenai keinginan Anda untuk kembali hamil, umumnya memang membutuhkan waktu yang dapat mencapai hitungan berbulan-bulan hingga tahunan untuk menghilangkan efek samping penggunaan KB suntik. Akan tetapi hal tersebut tidak mutlak dan dapat berbeda-beda pada setiap pengguna KB suntik karena bergantung pada keadaan hormonal dan keadaan alat reproduksi masing-masing wanita.Apabila Anda ingin segera melakukan program kehamilan, sebaiknya dilakukan dibawah pengawasan dokter Spesialis Kandungan agar dapat lebih efektif dan lebih aman.Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.Salam sehat,dr. Rahmita Dewi
penggunaan kbmerencanakan kehamilangangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil