26 May 2020, 13:30Kandungan

Haid tidak teratur bisa 3 atau 6 bulan sekali

TM
Info Penanya: TM, Wanita, 21 Tahun
hay dok, mau tanyaumur saya 21 thundari kelas 5 Sd sya udha mens, tapi saat masuk SMP mens sya sdah tidak teratur, kadang 3 bulan sekali, 6 bulan sekali, dan 1 thun sekalisya udah prnah Ke dokter kndungan untk USG, hsilnya kata dokternya tidak ada kelainan pa rahim syastlah itu disuruh puasa aja dn dikasih obat2 bukan brjlan mens sya normal, tapi lama kelamaan kmbali lagi kayak dulu. malah makin parah smpai 1 thun lebih bru mens lagi. skrng lagi haid tapi bnyak gumpalan darah apkh it pcos?
18264 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat pagi DI,Siklus menstruasi yang tidak teratur adalah salah satu indikasi adanya gangguan kesehatan baik masalah di organ reproduksi ataupun masaalh kesehatan lain yang bisa menimbulkan perubahan hormonal dan terlambat haid.Jika dibiarkan, kondisi ini bisa berpotensi mengganggu kesuburan dan juga sulit untuk mendapatkan kehamilan. Gangguan siklus menstruasi bisa disebabkan beberapa faktor dan penyebab seperti:
  • Adanya masalah hormonal
  • Stres psikologis seperti cemas, banyak beban pikiran
  • Aktivitas fisik dan pola tidur yang kurang baik
  • Adanya gangguan di organ reproduksi seperti endometriosis, kista, tumor jinak, PCOS dan lainnya
  • Masalah kesehatan lain seperti gangguan kelenjar tiroid
  • Penggunaan alat kontrasepsi
  • Penyebab lainnya
Jika tidak haid lebih dari 3 bulan, kondisi ini disebut dengan amenorea. Jika sudah dilakukan pemeriksaan dan diberikan obat maka perlu memperbaiki gaya hidupnya agar bisa membuat siklus kembali normal. PCOS sendiri gejalanya adalah siklus yang tidak teratur, perdarahan berlebih atau bisa tidak menstruasi dalam waktu lama, timbul rambut pada wajah, dada, perut, rambut rontok, jerawatan, peningkatan berat badan dan lainnya.Upayakan tidur 7-8 jam sehari, makan teratur, jaga berat badan ideal, istirahat cukup, tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat, mengupayakan mengatasi beban pikiran, olahraga teratur minimal 30 menit setiap harinya, bisa juga mengonsumsi bahan alami seperti kunyit, nanas, jahe, kayu manis atau cuka apel untuk melancarkan haid.Jika siklus tetap tidak teratur maka perlu diperiksakan kembali pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
siklus haidgangguan menstruasipcos
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil