Haid beda-beda tanggal tiap bulan, kenapa?

HP Info Penanya: HP, Pria, 27 Tahun
Saya mau tanya dok 3 bulan belakangan ini haid saya tidak teratur.di bulan februari seharusnya saya haid di tgl 15 tapi saya baru haid di tgl 19 , di bulan Maret saya haid di tgl 24 dan dibulan April saya baru haid di tgl 30 dok.kenpa yaa dok bantu jawab trmksh?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, HP.

Menstruasi atau haid adalah kondisi keluarnya darah dari liang vagina, yang berasal dari peluruhan dinding rahim. Seseorang akan mengalami menstruasi pertama biasanya pada saat remaja, dan akan berulang secara teratur sampai menopause nantinya. Siklus haid rata-rata yang normal adalah 21-35 hari, dengan rata-rata wanita memiliki siklus 28 hari.

Terkait kondisi Anda, berikut perhitungan siklus haid Anda:

  • 15 Januari sampai 19 Februari: 35 hari
  • 19 Februari sampai 24 Maret: 33 hari
  • 24 Maret sampai 30 April: 36 hari

Dapat ditarik kesimpulan bahwa siklus Anda berkisar antara 33-36 hari. Rata-rata siklus Anda adalah 35 hari, dan ini masih dalam rentang normal, ya. Oleh karena itu, jika hormon Anda tetap seimbang dan stabil, kemungkinan besar haid Anda selanjutnya akan datang sekitar tanggal 3-6 Juni. Jika ingin mengetahui lebih lanjut, Anda juga dapat bertanya ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

Jangan lupa untuk selalu konsumsi makanan sehat dan minum air putih yang cukup agar hormon senantiasa seimbang. Rutin berolahraga dan tidak begadang juga membantu menjaga kestabilan hormon.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jerawatan merupakan salah satu tanda-tanda haid atau menstruasi.

Bersiaplah, Ini 9 Tanda Menstruasi akan Segera Tiba

Menstruasi adalah siklus alami kaum hawa setiap bulan. Tanda-tanda haid bisa dilihat dari gejalanya seperti berjerawat, kram perut, mood, dan sebagainya.