04 May 2020, 05:56Kandungan

Haid tidak teratur dan perdarahan setelah berhubungan seksual

F
Info Penanya: F, Wanita, 1 Tahun
Assalamualaikum wr wb, dokter saya mau tanya. Saya sudah telat haid 2 bulan dan pada saat saya berhubungan seks dengan suami ada darah yang menempel di alat vital suami saya (setelah berhubungan seks) Awalnya darahnya cuma sedikit tapi hari berikutnya sudah berwarnah merah tapi tidak sampai keluar dari miss v saya. Apakah berbahaya dok dan gimana cara mengatasinya. Saya juga sudah tespeack ternyata hasilnya negatf. Trimakasih dok. Wassalam
13202 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat sore F,Perdarahan setelah berhubungan seksual adalah keluhan yang bisa terjadi salah satunya disebabkan oleh iritasi pada vagina, kurang pelumas, adanya masalah di organ reproduksi seperti polip, adanya masalah hormonal ataupun penyebab lainnya.Beberapa faktor lain juga bisa jadi pemicunya seperti terburu-buru melakukan hubungan seksual, baru selesai melahirkan atau masih menyusui, ada riwayat berganti pasangan seksual, sering melakukan pembersihan vagina dengan sabun khusus.Jadi apabila masih terjadi perdarahan baiknya memperhatikan beberapa hal seperti:
  • Lakukan foreplay atau pemanasan lebih lama
  • Lakukan hubungan seksual dengan perlahan
  • Bisa gunakan pelumas tambahan atau lubrican gel
  • Upayakan menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim
Jika keluhan perdarahan terjadi sering, ada rasa nyeri, gatal atau terbakar pada vagina, nyeri perut, sakit saat berhubungan seksual, timbul mual muntah atau sering timbul flek diluar masa menstruasi maka sebaiknya dilakukan pemeriksaan pada dokter spesialis kandungan untuk dipastikan penyebabnya.Nantinya akan dilakukan pemeriksaan seperti pemeriksaan lab darah, pemeriksaan USG ataupun juga pemeriksaan lain yang diperlukan. Penanganan juga akan dilakukan baik dengan pemberian obat ataupun apabila nantinya diperlukan tindakan lanjutan untuk mengatasi perdarahan. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
hubungan seksmasalah reproduksiflek darah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil