Haid tidak teratur gejala dari kanker serviks?

L Info Penanya: L, Wanita, 32 Tahun
dokter, saya sering ngerasain sakit dan timbul cairan keputihan saat berhubungan. minggu ini saya haid udah 7 hari lebih dan belum selesai. apakah ini tanda dari kanker serviks?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore L,

Kanker serviks merupakan salah satu jenis kanker yang sering menyerang wanita, terutama wanita yang sering berganti-ganti pasangan, sudah melakukan hubungan seksual di usia muda dibawah 17 tahun, kebiasaan merokok, dan ada riwayat kanker didalam garis keturunan keluarganya.

Gejala kanker serviks sendiri berupa :

  1. Nyeri ketika berhubungan seksual.
  2. Keluar darah ketika berhubungan seksual.
  3. Perdarahan diluar siklus menstruasi.
  4. Keluar cairan dari vagina dan berbau tidak sedap.
  5. Nyeri di sekitar tulang panggul.

Karena gejalanya sering tumpang tindih dengan penyakit lainnya, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan pap smear secara berkala sebagai deteksi dini terhadap kanker serviks.

Selain itu seorang wanita juga bisa vaksin HPV untuk mencegah kemungkinan terjadinya kanker serviks, dan sebaiknya dilakukan sebelum seorang wanita mulai aktif secara seksual.

Karena keluhan Anda cukup kompleks, maka sebaiknya segera lakukan konsultasi dengan dokter kandungan ntuk memastikan kondisi Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Minum air kelapa saat haid ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh

Minum Air Kelapa Saat Haid, Selamat Tinggal Kram Perut!

Berkat kandungan elektrolit, vitamin, dan juga mineral di dalamnya, air kelapa menjadi salah satu minuman paling menyehatkan, selain air putih. Minum air kelapa saat haid bisa mencegah kram perut dan mencegah dehidrasi.