15 Aug 2020, 08:09Kandungan

Haid tidak teratur disertai adanya benjolan pada kemaluan

AP
Info Penanya: AP, Wanita, 26 Tahun
Assallamualaikum dok .. saya mau tanya dok saya sudah dateng bulan 1 minggu trs berhenti selang 3 hari saya dateng bulan lg .. sampai sekarang udah 1 minggu .. trs ini di kemaluan bagian kanan saya ada benjolan sebesar biji kacang .. itu kira kira kenapa ya dok.. berbahaya gak dok .. mohon bantuan dan saranya dok.. trimakasih .. (saya sudah menikah.. dalam program kb .. pakai kb implan ) ???
6045 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat pagi, AP.Haid tidak teratur merupakan keluhan yang umumnya terjadi karena adanya ketidakseimbangan hormon pengatur siklus haid. Selain itu ada pula kondisi medis dan penyakit tertentu yang dapat memicu keadaan haid tidak teratur. Terdapat berbagai faktor dan kondisi medis yang dapat mendasarinya.

Berikut beberapa diantaranya :

  • keadaan stres
  • obesitas
  • penggunaan obat-obatan tertentu seperti KB hormonal
  • kelelahan
  • pola makan tidak sehat
  • pola aktivitas yang tidak seimbang
  • kehamilan
  • penyakit pada alat reproduksi seperti fibroid rahim, adenomiosis, dan lain-lainnya
Sedangkan mengenai keluhan benjolan pada kemaluan atau vagina Anda mungkin terjadi karena berbagai keadaan seperti kista kelenjar bartholin, kista vagina, varises vagina dan lain-lainnya. Untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan lebih lanjut. Untuk sementara Anda dapat mengompres benjolan tersebut, jika disebabkan oleh keadaan yang ringan umumnya dapat membaik dengan sendirinya. Namun jika berkelanjutan diperlukan penangan oleh dokter Kandungan.Begitu pula keadaan haid tidak teratur pada Anda yang mungkin dipicu oleh penggunaan KB hormonal. Jika kejadiannya terus berulang ada baiknya berkonsultasi dengan dokter Kandungan untuk penggunaan KB jenis lainnya yang bukan merupakan KB hormonan seperti salah satunya IUD. Sementara ini untuk membantu mengatasi keluhan haid yang memanjang, Anda dapat mengonsumsi air rebusan jahe, kunyit dan ekstrak adas.Salam sehat, dr. Rahmita Dewi 
benjolgangguan menstruasikesehatan vagina
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil