Haid tidak teratur darah kehitaman dan perut terasa sakit. Apa penyebabnya?

MD Info Penanya: MD, Wanita, 2019 Tahun
Dok saya mau tanya bulan kemarin saya haid pertengahan bulan sektar tgal 20'an tapi bulan ini tanggal 1 sudah haid tapi haid ini gk seperti biasanya dok sya tdak merasakan sakit sma sekali bahkan drah keluar pun tdak terasa tapi aneh nya lambung saya sakit luar biasa dok seperti d robek Warnah darah saya hitam pekatItu kenapa ya dok mohon bantuannya dok ??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, M

Terima kasih atas pertanyaannya.

Gangguan siklus haid termasuk hal yang umum terjadi, terutama pada wanita muda yang organ kandungannya juga masih berkembang. Menstruasi umumnya terjadi 3-5 minggu dari hari pertama haid sebelumnya. Bisa diikuti nyeri perut seperti kram karena rahim berusaha mengeluarkan darah dan jaringan sisa. Kemudian darah yang keluar pada awalnya akan lebih gelap dan semakin lama lebih terang. Karena darah yang dikeluarkan pertama kali bisa saja darah sisa dari haid sebelumnya. 

Tanda bahaya haid adalah bila jumlah darah atau nyeri / kram lebih dari biasanya. Kemudian jika ada tanda infeksi seperti demam. Jangan lupa untuk selalu menjaga pola hidup sehat seperti istirahat yang cukup, makan makanan yang bergizi dan banyak minum air putih. Agar kadar hormon estrogen dan progesteron tetap seimbang dan stabil selama siklus haid anda. Berat badan terlalu kurus atau kegemukan serta aktivitas/olahraga berlebihan juga dapat menganggu siklus haid. Begitu juga faktor psikis seperti stres, cemas atau depresi yang mempengaruhi hormon dalam tubuh anda.

Hormon tersebut juga memberi efek seperti gangguan mood atau gangguan pencernaan. Sehingga asam lambung meningkat serta terjadi iritasi di pencernaan terutama lambung anda. Oleh sebab itu makanan juga harus dijaga hindari yang pedas, asam atau berminyak. Bila keluhan tidak berkurang maka sebaiknya anda memeriksakan diri ke Dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Saya lampirkan artikel mengenai gangguan menstruasi yang sering terjadi.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menu lebaran sehat tidak harus selalu mengandung santan.

5 Alternatif Menu Lebaran Sehat yang Wajib Coba

Sajian saat lebaran selalu identik dengan masakan serba santan. Yuk sayangi tubuh dengan membuat alternatif menu lebaran sehat berikut ini.