Haid tidak teratur dan terasa nyeri merupakan gejala apa?

FH Info Penanya: FH, Pria, 19 Tahun
Istri saya siklus haidnya tidak teratur, seperti skrg ini sudah 3 bulan blm haid. Kalau berhubungan seks, miss v nya suka nyeri. Klau lagi datang bulan juga sakitnya luar biasa.apakah itu tnda kanker serviks dok? Trimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Malam, FH.

Menstruasi merupakan proses luruhnya dinding rahim karena tidak dibuahi. Siklus menstruasi pada umumnya 28 hari dengan setiap periode berlangsung selama tiga sampai tujuh hari. Namun pada beberapa wanita dapat lebih panjang. Pada menstruasi, beberapa dapat mengalami kram perut bahkan dapat merasakan nyeri yang sangat. Siklus menstruasi yang tidak teratur dapat dibedakan menjadi :

  1. Polymenorrhe. Siklus menstruasi kurang dari 21 hari.
  2. Oligomennorhe. Siklus menstruasi tidak terjadi lebih dari 35 hari namun kurang dari 90 hari.
  3. Amennorhe. Siklus menstruasi tidak terjadi selama tiga bulan berturut-turut.
  4. Metroragia. Periode menstruasi yang terjadi lebih lama dan volume darah lebih banyak.

Terdapat banyak faktor yang menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur dan timbul nyeri saat haid, yaitu:

  1. Kondisi stres.
  2. Nutrisi yang kurang
  3. Alat kontrasepsi. Alat kontrasepsi yang berhubungan dengan hormonal (pil KB suntuk, KB susuk) dapat mengakibatkan perubahan hormonal secara mendadak sehingga berpengaruh terhadap siklus menstruasi. Sedangkan IUD dapat menyebabkan volume darah lebih banyak dari biasanya dan muncul nyeri perut.
  4. Kista ovarium. Adalah kantung yang berisi cairan berada di ovarium. Kista ovarium umumnya bersifat jinak dan tidak perlu tindakan pembedahan apabila masih kecil. Namun jika kista semakin membesar, maka dapat mengganggu kenyamanan perut pasien dan juga dapat mengubah posisi rahim di rongga perut.
  5. Endometriosis. Biasa disebut dengan kista coklat. Hal ini terjadi karena adanya jaringan yang biasanya di dalam rahim tumbuh di permukaan luar rahim. Gejala yang ditimbulkan dapat lebih parah, yaitu: nyeri yang hebat saat menstruasi, pingsan, nyeri saat berhubungan seksual, siklus haid yang tidak teratur. 
  6. Radang panggul. Merupakan peradangan yang terjadi pada organ reproduksi wanita dan biasanya disebabkan oleh bakteri. Gejala yang terjad dapat berupa nyeri perut bagian bawah, nyeri saat berhubungan seksual, keluar cairan dari vagina yang baunya tidak sedap, menstruasi tidak teratur, dan dapat disertai demam.
  7. Kanker ovarium. Gejala yang dapat terjadi berupa nyeri saat berhubungan seksual, siklus haid yang tidak teratur, berat badan menurun, nyeri perut, pembengkakan pada perut.

Untuk mengatasi haid yang tidak teratur dan nyeri, Anda dapat melakukan hal-hal di bawah ini:

  • Rendam setengah sendok makan jahe ke dalam air, kemudian campur madu. Minumlah tiga kali sehari selama sebulan.
  • Minum susu hangat yang dicampur seperempat sendok teh kunyit bubuk setiap hari.
  • Minum jus wortel
  • Konsumsi anggur atau jus anggur
  • Minum jus seledri

Terkait gejala-gejala yang Anda sebutkan, sebaiknya konsultasikan dengan Dokter Spesialis Obstetri Ginekologi (SPOG) untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab pastinya dan mendapatkan penanganan segera.

Semoga lekas membaik.

Salam Sehat.

 

dr. Riani AZ

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sakit perut saat haid bisa berupa kram hingga nyeri tak tertahankan

Sakit Perut Saat Haid Mengganggu? Kenali Berbagai Penyebabnya

Sakit perut saat haid bisa berupa kram hingga nyeri tak tertahankan. Kenali penyebab nyeri haid Anda dan atasi dengan cara menghilangkan sakit perut saat haid berikut ini.