15 Sep 2021, 08:12Kandungan

Apakah normal haid tidak sesuai tanggal?

RA
Info Penanya: RA0
Pagi dok.. saya mau nanya udah 3 bulan ini haid saya tidak sesuai tanggalnya Sebelumnya setelah lepas KB biasa haid tgl 17 tapi udah 3bulan ini tgl haid maju terus Apa tanda mau hamil yah dok??
162 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat pagi, RTerima kasih atas pertanyaannya.Haid merupakan proses saat jaringan dinding rahim dikeluarkan akibat sel telur yang tidak terbuahi saat sudah matang.  Sisa jaringan ini akan bercampur dengan darah dan lendir dan dikeluarkan melalui liang vagina pada setiap siklus haid.  Wanita memiliki siklus haid yang berbeda-beda, ada yang teratur 28 hari namun ada yang lain bulan lain pula siklusnya. Jadi siklus haid normal itu dilihat bukan berdasarkan tanggal yang sama tetapi apakah tanggal haid masih berada pada rentang siklus haid normal.  Sehingga wajar jika tanggal maju atau mundur, selama masih dalam batas 21-35 hari maka dikatakan normal.  Contoh bulan agustus haid hari pertama tanggal 17 maka jika dihitung dari tanggal tersebut, siklus haid normal berikutnya antara tanggal 7 september hingga 21 september.  Sedangkan tanda hamil salah satunya adalah tidak ada haid, jadi jika masih mengalami haid maka tidak ada kehamilan.  

Lakukan hal berikut agar siklus haid tetap lancar :

  • Jaga berat badan seimbang. 
  • Perbanyak minum air putih. 
  • Kurangi begadang, istirahat teratur. 
  • Kelola stres dan cemas. 
  • Pola makan bebas pengawet dan bebas kafein. 
  • Olahraga rutin. 
Konsultasi dengan dokter spesialis kandungan bila siklus haid melewati batas normal secara berulang atau tidak haid sama sekali 3 bulan berturut-turut.  Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
siklus haidhaidmenstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil