Haid tidak seperti bulan-bulan biasanya

NH Info Penanya: NH, Wanita, 2019 Tahun
Selamat pagi dokterSya mau bertanyaSya haid ngk seperti bulan2 biasanya dokBulan2 biasany saya haid keluar darah haid yg lumyn cept/bnyk itu 1-3 hri tpi bulan ini berbeda Sya baru haid 2 hari yg lalu Hari pertama merasakan kram perut yg cukup sakit bagian atan vagina,dan juga sedikit mual karena pda saat itu sy keadanya belum mkn apa2 dn perut kosong ,dan keluar darah yg cukup bnyk tpi seperti pda umumnyaTerus hri kedua cukup sedikit tpi hanya separuh pembalut saja Dan hri ketingga hny sedikit2.Itu knp y dokter apakh bahaya bgi sy Ataukah itu gejala hamil dok??Maaf dok kalau pertanyaan sy tidak nyambung???
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang NH,

Pada setiap siklus menstruasi normal dapat berlangsung setiap 21-45 hari sekali dengan lama menstruasi antara 3-7 hari. Untuk itu jika melihat kondisi yang dialami masih dapat dikategorikan pada kondisi yang normal tetapi jika pada bulan berikutnya tidak mendapatkan menstruasi dapat mungkin dilakukan pemeriksaan awal kehamilan menggunakan testpack.

Perhatikan juga tanda-tanda kehamilan lain yang dapat timbul seperti mual, kelelahan, rasa tidak nyaman atau lebih sensitif pada payudara, kram perut, terlambat haid, timbul flek, dimana kondisi ini juga bisa mirip dengan gejala sindrom premesntruasi.

Upayakan menjaga pola hidup sehat dengan cukup beristirahat, kelola stres dengan baik, menjaga pola makan, menjaga berat badan ideal, dan memeriksakan diri pada dokter jika timbul keluhan kesehatan yang tidak seperti biasanya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keputihan bisa menandakan bahwa akan menstruasi atau mengawali kehamilan

Ini Bedanya Keputihan Tanda Hamil dan Keputihan Haid

Keputihan terjadi bukan hanya menjelang menstruasi, tapi juga kehamilan. Meskipun keduanya termasuk dalam golongan keputihan, namun terdapat karakteristik yang berbeda dari kondisi ini. Kenali 3 tanda ini agar Anda bisa membedakannya.