Bagaimana cara membedakan flek tanda kehamilan atau menstruasi?

DF Info Penanya: DF, Wanita, 24 Tahun
Assalamualaikum dok...Dok saya mengalami mens tanggal 9 - 12, tanggal 17 saya menikah, dan seperti pasangan umumnya saya berhububgan dengan suami hampir setiap hari dok, dan tanggal 27 saya mengalami mens lagi tapi tidak seperti biasanya dok....darah yang keluar sedikit dan berwarna coklat pekat. Apakah yang saya alami ini wajar dok? Padahal saya biasanya haid tidak terartur terkadang 2/3 bulan baru haid, tapi bulan ini saya sudah 2x haid (tapi haid yang kedua keluar sedikit sekali) thx dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi DF,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Banyak wanita yang masih kesulitan untuk membedakan mengalami flek tanda kehamilan atau menstruasi. Menstruasi berlangsung selama dua sampai tujuh hari. Bewarna merah terang dan darah yang keluar beruapa gumpalan. Jumlah darah yang di keluarkan saat menstruasi dalam setiap harinya pun lebih banyak.

Sedangkan flek tanda kehamilan biasanya bewarna coklat atau merah muda dan durasi keluarya berlangsung singkat bisa 1-2 hari dan darah yang keluar berjumlah lebih sedikit dibandingkan darah menstruasi, disertai dengan kram di perut yang ringan.

Selain itu Anda akan mengalami mudah lelah, mual, muntah, sensitivitas indera penciuman meningkat, payudara sensitif, frekuensi buang air kecil meningkat, jika disertai dengan gejala di atas dan jika Anda juga mengalami terlambat haid, saya sarankan untuk cek kehamilan dengan test pack, jika Anda mendapatkan hasil positive Anda dapat melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter kandungan 2 minggu kemudian untuk USG.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Test pack dapat mengetahui apakah penyebab terlambat menstruasi adalah kehamilan atau bukan

Tak Hamil, tapi Terlambat Menstruasi? 7 Hal Ini Mungkin Penyebabnya

Terlambat menstruasi adalah masa menstruasi yang tidak datang lebih dari 35 hari. Umumnya ini adalah pertanda kehamilan jika Anda melakukan hubungan seksual sebelumnya.