21 Aug 2020, 20:07Penyakit Lainnya

Haid tidak pernah keluar darah deras dan tidak teratur

IH
Info Penanya: IH, Wanita, 17 Tahun
Assalamualaikum dok, jadi saya masi kelas 3 sma, saya pertama kali dpt haid itu kelas 1 sma, jadi dari awal saya haid tidak pernah keluar darah tapi cuma flek bercak bercak coklat cuma, dan itu pun jarang, kadang 4 bulan sekali pernah 6 bulan sekali,dan saya tidak pernah sakit perut atau merasa perih saat haid, jadi pertanyaan nya dok, ini faktor hormon atau ada penyakit lain?
5169 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang IH,Menstruasi normalnya adalah terjadi perdarahan selama 3-7 hari dengan siklus menstruasi terjadi setiap bulan atau sekitara 21-35 hari sekali. Jika sering kali haid terlambat atau siklusnya tidak teratur lebih dari 90 hari sekali dapat merupakan hal yang perlu diwaspadai dan diperiksakan.Tidak haid lebih dari 3 bulan disebut dengan amenorea, penyebabnya sendiri bisa beragam seperti:
  • Masalah hormonal
  • Masalah nutrisi seperti misalnya berat badan yang terlalu kurus ataupun diet ketat yang membuat penurunan berat badan drastis
  • Adanya masalah di organ reproduksi seperti masalah anatomi saluran reproduksi
  • Adanya gangguan psikologis seperti sering kali stres atau beban pikiran berlebih
  • Aktivitas fisik berat 
  • Masalah gaya hidup seperti kurang istirahat, kurang tidur, pola makan yang tidak baik
  • Efek mengonsumsi obat atau produk tertentu
  • Riwayat keluarga
Untuk itu sebaiknya diceritakan pada orang tua agar bisa dilakukan pemeriksaan pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Nantinya perlu dilakukan pemeriksaan untuk menilai ada tidaknya gangguan menstruasi, baik dilakukan pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan USG maupun lab darah.Upayakan untuk bisa menjaga berat badan ideal, menerapkan gaya hidup yang sehat dengan cukup tidur dan istirahat, makan-makanan bernutrisi, hindari stres fisik maupun stres pikiran, olahraga rutin dan lainnya. Bisa juga coba beberapa upaya agar membuat menstruasi bisa lebih lancar, baik dengan olahraga maupun mengonsumsi makanan alami seperti kayu manis, cuka apel, kunyit ataupun nanas. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
siklus haidmenstruasigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil