01 May 2021, 16:10Kandungan

5 bulan tidak haid, mengapa?

DH
Info Penanya: DH0
Dok udah 5 bulan ini saya tdk ada haid dok Saya tdk tau kenapa dok ,nth karna sring stres dok Saya sring stres dok ,trs ada asam lambung klo bnyk fikiran gmn solusi nya dok Mau periksa k dokter apa y ? Ke dokter pnykt dlm atau k dokter kandungan Ni saya minum jahe,kunyit ,asam jawa ,gula aren obat alami ,melancarkn haid ,mendetox rahim ,dll bru 2 hri minum dok
149 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore, DTerima kasih atas pertanyaan AndaSecara normal haid terjadi pada wnaita setiap bulan dengan siklus haid berkisr 21-35 hari. Ketika wanita secara tiab-tiba tidak megalami haid selama 3 bulan berturut-turut atau lebih kondisi ini disebut dengan istilah amenorea sekunder. Salah satu penyebab dari amenorea sekunder ini adalah kehamilan, namun bila tidak ada riwayat berhubungan seksual maka amenorea sekunder ini bisa terjadi karena pengaruh beberapa faktor.

Adapun faktor yang bisa menyebabkan amenorea sekunder adalah:

  • Kondisi psikologis sperti stres, cemas ataupun emosi yang tidak stabil
  • Adanya ketidakseimbangan hormonal dalam tubuh
  • PCOS
  • Penyakit pada organ reproduksi wanita
  • Efek penggunaan KB
  • Berat badan yang tidak ideal
  • Kelelahan fisik
  • Kondisi medis lainnya
Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, salah satu penyebab amenorea sekunder yang terjadi pada Anda bisa karena kondisi yang telah disampaikan di atas. Bila Anda ada riwayat masalah pencernaan dan sering stres dan cemas, maka kondisi stres dan cemas selain bisa mempengaruhi kesehatan saluran perncernaan juga bisa berpengaruh terhadap siklus haid anda.Alangkah baiknya lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan terdekat untuk mendapatkan tatalaksana yang sesuai. Terkait konsumsi jamu atau bahan-bahan alami alangkah sebaiknya tidak berlebihan karena dikahwatirkan bisa menyebabkan masalah pencernaan. Usahakan tetap konsumsi makanan bergizi, hindari makanan yang memicu kenaikan asam lambung, atasi stres, jaga berat badan ideal, istirahat cukup dan jaga kebersihan organ intim.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
asam lambungmaagsiklus haidhaidgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil