28 Feb 2021, 10:36Kandungan

Haid tidak lancar, kenapa?

MA
Info Penanya: MA0
Selamat pagi dok Saya mau tanya dok Tgl 27/2/2021 saya seharusnya sudah haid,tapi yang keluar hanya flek aja(noda sedikit) tertinggal di pakaiaan dalam,haidnya GK keluar2 ,itu tanda apa ya dok,karna tidak seperti biasanya.mohon arahanya dok?
278 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang,MTerima kasih atas pertanyaan AndaHaid tidak lancar bisa terjadi karen beberapa kondisi yang bisa mempengaruhi siklus haid wanita. Siklus haid wanita normal berksar antara 21-35 hari. Perdarahan haid normal dimulai dari flek atau bercak, keluar darah cair kekentalan, atau bahkan keluar gumpalankemudian  diakhiri dengan flek kembali dan haid selesai. Perdarahan haid normal terjadi dalam kurun waktu 3 - 7 hari. 

Beberapa penyebab yang dapat mempanguhi haid tidak lancar di antaranya yaitu:

  • Adanya ketidak seimbangan hormon tubuh
  • Penyakit pada organ reproduksi, seperti adanya infeksi
  • Kelelahan fisik
  • Stres, emosi yang tidak stabil, cemas dan masalah psikologis yang lainnya
  • Efek dari pemakaian alat kontrasepsi, terlebih kontrasepsi hormonal
  • PCOS
  • Obesitas
Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, alangkah baiknya bial dipantau terlebih dahulu. Jika 1-2 hari kemudian keluar haid lancar, maka kondisi ini adalah kondisi yang wajar. Tetapi, bila ada riwayat melakukan hubungan seksual dan saat ini hanya keluar flek selama beberapa jam atau kurang dari 3 hari alangkah baiknya lakukan tes kehamilan untuk memastikan apakah Anda hamil atau tidak. Karena, keluar becak darah yang kurang dari 3 hari saat terlambat haid bisa dikarenakan perdarahan implantasi pada awal kehamilan. Usahkan untuk tetap konsumsi makanna yang bergizi, hindari stres, makan makanan yang sehat bergizi, hindari kelelahan, lakukan istirahat cukup dan olahraga rutin, jaga keberishan organ intim dan hindari seks bebas agar kesehatan organ reproduksi tetap terjaga. Lakukan pemeriksaan ke dokter spesialsi kandungan terdekat bila keluhan ini belum juga membaik atau disertai dengan keluhan penyerta lain seperti keputihan, nyeri perut bawah, demam dan lain sebagainya.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
siklus haidhaidgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil