16 Aug 2020, 14:50Kandungan

Haid tidak lancar, apakah penyebabnya?

YI
Info Penanya: YI, Wanita, 22 Tahun
Dok,saya sekarang telad haid,terakhir haid 17 juli ,diperiksa tespack hasil negatif, usg juga ngga terlihat, memang biasa nya setelah nikah haid kadang dapat 2x dalam sebulan, awal pertama nikah makai KB sebulan, berhenti itu jadi sering haid, setelah itu dibawah konsul ke dokter dikasih obat ,haid jadi lancar sebulan, sebenarnya diauruh kontrol 3x tapi ngga diteruskan, terus sekarang telad haid, sebelum nikah biasanya memang setiap haid sakit perut sekali, kenapa yah dok?
6912 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, YTerima kasih atas pertanyaan AndaSecara normal dan ideal siklus haid wanita berkisar antara 21 hari hingga 35 hari. Siklus haid ini, dapat dihitung sejak hari pertama haid terakhir Anda, hingga hari pertama haid kembali pada periode berikutnya. Terlambatnya siklus haid salah satunya bisa disebabkan oleh kehamilan, namun bisa juga karena adanya kondisi medis yang lain.

Beberapa kondisi yang dapat mempengaruhi siklus haid adalah:

  • Aktifitas fisik yang berlebihan dan menyebabkan kelelahan
  • Stres
  • Gangguan hormonal, seperti pada PCOS
  • Berat badan tidak ideal (obesitas, berat badan kurang, atau adanya perubahan berat badan mendadak)
  • Masalah pada organ reproduksi wanita
  • Efek samping dari penggunaan KB
  • Efek samping penggunaan obat-obatan tertentu
Terkait dengan keluhan Anda, beberapa penyebab bisa diakrenakan oleh kondisi yang sudah disebutkan. Bila terdapat riwayat melakukan hubungan seksual, sebaiknya lakukan tes kehamilan untuk memastikan kehamilan. Bila sudah memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan namun keluhan belum membaik, sebaiknya periksa kembali ke dokter spesialis kandungan terdekat agar dokter melakukan pemeriksaan serta evaluasi terhadap terapi pengobatan yang sudah diberikan.Usahkan Anda memiliki berat badan ideal, hindari stres dan kelelahan, berolahraga rutin, konsumsi makanan sehat dan bergizi agar siklus haid lancar.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dian
siklus haidhaidmenstruasigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil