Haid tidak lancar saat usia 14 tahun, apa penyebabnya?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 14 Tahun
Dok saya itu udah telat haid selama 3 bulan tapi cuma keluar kaya flek coklat gitu tapi kadang banyak kadang sedikit,saya lagi umur 14 tahun dok.Saya harus gimana?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SU,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Mentruasi bisa menjadi salah satu tanda pada wanita jika organ reproduksinya sudah mulai matang dan masuk masa pubertas. Pada umumnya wanita akan mendapatkan menstruasinya pada umur antara 10-15 tahun. Berbeda-beda tiap individu, bisa dipengaruhi genetik, lingkungan dan makanan yang di konsumsi.

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan terlambat haid :

  • Gangguan keseimbangan hormon
  • Gangguan tiroid
  • Kekurangan atau kelebihan berat badan
  • Stres atau kelelahan
  • Konsumsi makanan yang kurang sehat (junk food)
  • dll

Berdasarkan keterangan yang Anda berikan, terlambat haid pada usia 14 tahun, bisa saja karena organ-organ reproduksin dan hormon masih dalam penyesuaian sehingga menyebabkan haid datang tidak tertaur. Seiring berjalannya waktu, haid Anda akan teratur.

Jangan lupa untuk selalu menjaga asupan makan, dengan konsumsi makanan bergizi, perbanyak sayur dan buah, cukupi kebutuhan air putih minimal 2-3 liter/ hari, olahraga teratur minimal 3-4 kali / minggu. Jika keluhan terlambat menstruasi dirasa sangat menganggu sebaiknya komunikasikan dengan orang tua Anda untuk memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh SU
17 Jul 2020, 20:50
Jadi ini berbahaya nggak ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
19 Jul 2020, 03:36
Selamat malam, SU.
Sebaiknya dipastikan terlebih dahulu ke dokter kandungan penyebab haid yang tidak lancar tersebut. Dan bantu juga dengan olahraga teratur, makan sayur dan buah yang banyak, hindari stres agar hormon Anda stabil dan haid lancar ya. Perihal berbahaya atau tidak perlu diperiksa mendalam kembali sumber penyebabnya ya.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Proses pembentukan sel telur atau oogenesis terjadi di dalam kelenjar reproduksi

Proses Pembentukan Sel Telur, Apa yang Terjadi Jika Tidak Dibuahi?

Proses pembentukan sel telur atau oogenesis terjadi di dalam kelenjar reproduksi. Setelah proses pembentukan sel telur tuntas dan memasuki masa ovulasi, pembuahan bisa terjadi.