Haid tidak teratur, apa penyebabnya?

SF Info Penanya: SF, Wanita, 38 Tahun
sy mw ty dok, anak saya bulan juli ini msuk 11th, dia baru kena haid yg pertama bulan oktober 2019, tp smpai skrng haidnya tidak lancar, sebulan bisa 2kali dok, dan it pun byk2 trus... it gimana dok, normal gag, berat badan anak sy 62kg... mksh dok atas pencerahannya...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore SF,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Menstruasi merupakan penanda seorang anak perempuan mulai matang secara fisik. Siklus menstruasi dimulai dari beberapa perubahan hormon dan fisik yang bertujuan menyiapkan tubuh perempuan menyambut kehamilan.

Normalnya, usia anak perempuan mendapat menstruasi pertama di masa sekarang ini sekitar usia 10-12 tahun. Tetapi sebagian anak baru mendapatkan menstruasi pertamanya di usia 14-15 tahun. 

Siklus menstruasi dihitung dari awal periode menstruasi ke awal periode menstruasi berikutnya. Rata-rata siklus menstruasi sekitar 28 hari, tetapi bisa bervariasi dari 21-35 hari dan rentangan ini masih tergolong normal. Masa menstruasi sendiri biasanya berlangsung sekitar 3-5 hari, tetapi jika masih berada dalam rentangan 2-7 hari.

Berdasarkan keterangan yang Anda berikan usia Anak Anda masih tergolong muda, siklus yang terjadi pada tahun-tahun awal masih variatif, yang nanti selanjutnya akan berlangsung normal. Anda tidak perlu khawatir. Namun jika siklus tidak teratur berlangsung hingga 2-3 tahun, sebaiknya periksakan diri ke dokter kandungan.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pembalut tampon, dan menstrual cup memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing dalam mengatasi dan menampung darah haid

Kenali Kelebihan Pembalut, Tampon, dan Menstrual Cup

Pembalut, tampon, dan menstrual cup adalah tiga produk pilihan yang bisa digunakan oleh wanita saat sedang menstruasi. Ketiganya memiliki bentuk dan cara pemakaian yang berbeda, serta kelebihan dan kekurangannya masing-masing.