Haid tidak lancar apakah pengaruh dari konsumsi vitamin?

N Info Penanya: N, Wanita
Dok, usia saya 25 thun,blm menikah. siklus haid saya biasa 30hr. Tapi untuk 2blan belakangan ini agak terganggu. 2bln sebelumnya haid hanya ngeflek, stelah ngeflek slama 2hr bru haid normal, blan kmren siklus haid menjadi 32hr. Dan blan ini 40hr blm haid, dibulan ini saya ada konsumsi vitamin2 buat imun tubuh seperti vit c dan imboost. Apakah berpengaruh ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi NS,

Siklus menstruasi yang tidak teratur adalah salah satu pertanda adanya masalah baik dalam pola hidup ataupun adanya masalah di organ reproduksi. Sering kali pola hidup sehari-hari seperti kurang istirahat, tidak rutin beraktivitas fisik atau tidak berolahraga, pola makan yang kurang baik, stres juga bisa jadi pemicunya.

Asupan suplemen sendiri seperti yang mengandung zinc picolinate tidak boleh rutin dikonsumsi karena bisa menganggu penyerapan sejumlah mineral tubuh yang bisa berpengaruh pada keseimbangan elektrolit tubuh.

Untuk itu bisa dilakukan beberapa upaya untuk memperbaiki siklus menstruasi yang sering kali terlambat seperti:

  • Cukup istirahat dan tidur 7-8 jam sehari
  • Perbaiki pola makan
  • Rutin berolahraga setidaknya 150 menit perhari
  • Kelola stres dan beban pikiran lain
  • Jaga berat badan ideal
  • Bisa konsumsi bahan alami seperti jahe, kunyit, cuka apel ataupun kayu manis dan nanas untuk membantu melancarkan haid

Jika keluhan sering kali terjadi dan siklusnya lebih cepat dari 21 hari atau lebih dari 35 hari, maka ada baiknya dilakukan pemeriksaan pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan. 

Perhatikan juga jika terjadi flek perdarahan diluar siklus menstruasi maka perlu diwaspadai dan nantinya dilakukan pemeriksaan karena bisa menandakan adanya gangguan di organ reproduksi seperti adanya kista, tumor jinak di rahim dan lainnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Amenorrhea merupakan kondisi tidak menstruasi pada wanita

Waspadai Amenorrhea, Yakni Kondisi Haid yang Tak Kunjung Datang

Amenorrhea adalah kondisi terhentinya siklus haid. Seorang wanita dikatakan mengalaminya jika tidak kunjung menstruasi meski sudah masuk usia pubertas, atau tidak datang bulan selama tiga bulan berturut-turut.