Mengapa haid saya tidak lancar dan ada keputihan?

LT Info Penanya: LT
Dok saya mau nanya, bulan ini saya belum haid, biasanya tangga 5, nah tapi 2 hari ini muncul seperti darah warna coklat tapi bercampur keputihan bening sedikit seperti flek, tapi terus muncul.sebelumnya saya sakit lambung dok, sehingga mengkonsumsi obat mual, obat lambung, sama obat batuk dari dokter, apakah kelurnya darah coklat bercampur keputihan bening ini efek dari obat atau apa dok?Mohon penjelasannya ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi LT,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Menstruasi dikatakan tidak teratur apabila siklus terjadi kurang dari 21 hari dan lebih dari 35 hari. Dan volume darah yang di keluarkan tidak sama, kadang banyak dan kadang sedikit. Penyebabnya bisa karena pola hidup sehari-hari, alat kontrasepsi, kehamilan, menopause dan gangguan hormon.

Cara mengatasinya adalah merubah gaya hidup dengan pola hidup sehat, mengganti alat kontrasepsi, melakukan pengobatan hormon, konsultasikan ke dokter jika ada keluhan lebih lanjut agar dapat di tentukan penyebab dan terapi yang tepat dari gangguan menstruasi Anda.

Keputihan merupakan kondisi ketika lendir atau cairan keluar dari vagina. Keputihan sebenarnya normal dan bisa terjadi pada setiap wanita. Namun perlu di waspadai jika keputihan berubah warna menjadi kuning, hijau hingga hitam, berbau, dan lengket. Anda harus segera memeriksakannya ke dokter kandungan.

Konsumsi obat saat menstruasi cenderung aman, jadi tidak ada pengaruhnya Anda mengkonsumsi obat tersebut saat menstruasi. Namun yang perlu di waspadai jika Anda mengkonsumsi obat-obat tertentu pada saat hamil atau menyusui, Anda perlu berkonsultasi lebih lanjut ke dokter.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Yoga dapat menyeimbangkan kondisi hormon sehingga gangguan haid bisa teratasi

Lakukan 7 Cara Ampuh Mengatasi Haid Tidak Lancar Ini

Gangguan menstruasi adalah gangguan yang terjadi akibat ketidakseimbangan kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh. Beberapa cara mengatasi haid tidak lancar, antara lain olahraga, yoga, dan mengonsumsi vitamin D.