Haid tidak lancar, perlu konsultasi ke dokter apa?

RP Info Penanya: RP, Wanita, 23 Tahun
Dok saya mau tanya ... saya itu haid gak lancar dok dan kalo di hitung saya haid itu bisa 3 bulan sekali dok . Dan haid saya sekarang di bagian perut bawah sebelah kiri itu pasti sakit sekali dok . Saya harus gimana ya dok dan konsultasi ke dokter apa ??? Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore R,

Menstruasi normalnya terjadi setiap 21-35 hari sekali dengan durasi menstruasi 3-7 hari dimana jika siklus menstruasi lebih cepat ataupun lebih lambat dari masa tersebut maka perlu diwaspadai. Menstruasi yang terlambat sendiri dapat disebabkan oleh beragam pemicu seperti diantaranya adalah:

  • Stres baik fisik maupun mental
  • Perubahan berat badan yang drastis, baik kenaikan berat badan ataupun penurunan berat badan
  • Mengalami sindrom ovari polikistik atau gangguan keseimbangan hormonal akibat terdapat kantung-kantung dalam ovarium yang menghambat proses ovulasi
  • Penggunaan alat kontrasepsi
  • Kehamilan
  • Gangguan kesehatan lain seperti gangguan hormonal atau gangguan tiroid
  • Penggunaan obat-obat yang mencetuskan gangguan menstruasi

Untuk itu apabila menstruasi datang sering terlambat, keluar flek atau perdarahan di luar masa menstruasi, menstruasi berlangsung lebih dari 7 hari maka perlu dilakukan pemeriksaan pada dokter ahli kandungan dan kebidanan untuk diketahui penyebabnya dan dilakukan penanganan sesuai dengan penyebabnya. Upayakan juga untuk menjaga berat badan ideal, cukup beristirahat, kelola stres dengan baik, menjaga kesehatan dan kebersih dan organ intim, dan perhatikan apakah ada hal-hal yang dapat menjadi pemicu terlambatnya menstruasi.

Baca juga artikel mengenai nyeri haid. Semoga bermanfaat.

Salam sehatQ,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat pelancar haid biasanya diresepkan dokter untuk wanita yang siklus haidnya tidak teratur dan menggangu kesuburan

Obat Pelancar Haid Ketika Siklus Datang Tak Teratur

Siklus menstruasi sering kali tidak teratur dan berantakan. Untuk mengatasinya, dokter biasanya akan meresepkan obat pelancar haid. Namun, pemberian obat pelancar haid hanya dilakukan apabila siklus haid mengganggu kesuburan.