Haid tidak lancar, apakah mengganggu kesuburan wanita?

L Info Penanya: L, Wanita, 32 Tahun
Dok, 8 bulan ini saya mengalami gangguan haid yang membuat haid saya gak lancar, dan yang lebih parah lagi saya selalu lemas dan nyeri perut bagian bawah yang sering membuat saya hampir pingsan menahan rasa sakitnya. Saya coba kompres dengan air hangat tapi masih terasa nyeri yang menyiksa. Apakah ada gangguan dengan haid dan rahim saya? Apakah akan berpengaruh pada kesuburan saya? Terima kasih dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Gangguan haid sering dialami atau dikeluhkan oleh wanita, baik dari segi siklusnya yang tidak teratur, durasi haid yang terlalu sebentar atau terlalu lama, muncul perdarahan diluar siklus haid, nyeri perut menjelang atau ketika haid, dll. Gangguan haid ini secara tidak langsung akan mempengaruhi kesuburan karena wanita jadi tidak dapat menentukan kapan masa suburnya. Padahal untuk meningkatkan kemungkinan terjadinya kehamilan diperlukan berhubungan seksual di masa subur tersebut. Selain itu adanya endometriosis, PCOS, mioma uteri juga akan mempengaruhi kesuburan secara langsung.

Haid yang tidak teratur dapat disebabkan oleh :
  1. Kelelahan.
  2. Stres/ cemas berlebihan.
  3. PCOS.
  4. Endometriosis.
  5. Berat badan berlebih atau terlalu kurus.
  6. Penurunan/ peningkatan berat badan secara mendadak.
  7. Mioma uteri.
Usaha yang dapat Anda lakukan agar haid kembali normal adalah dengan cara :
  1. Perbanyak konsumsi sayur dan buah.
  2. Olahraga secara teratur, 30 menit setiap hari.
  3. Kurangi stres.
  4. Istirahat secara teratur, hindari begadang.
  5. Jaga berat badan seideal mungkin.

Namun bila gangguan haid sudah berlangsung selama 8 bulan seperti yang Anda alami saat ini, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ketidaksuburan wanita dapat disebabkan oleh endometriosis dan PCOS

Kenali Perbedaan PCOS dan Endometriosis pada Gangguan Kesuburan Wanita

Ketidaksuburan wanita sering disebabkan oleh endometriosis dan PCOS. Keduanya memiliki gejala-gejala yang hampir sama pada fase awal. Kenali perbedaannya agar mendapatkan perawatan yang sesuai.