Apakah diet memengaruhi siklus haid?

O Info Penanya: O
Selamat sore dok, sy usia 27 tahun. Terakhir sy haid tgl 20 bln 5, tapi bln 6 sy belum haid sampai sekarang, tapi sy sering merasakan larang2 sakit diperut seperti mau haid. sy sdh menikah tapi pada saat berhubungan, suami tidak keluarkan didalam...dan sy pernah konsumsi obat gemuk. Apakah obat itu yang mempengaruhi lambtanya Hadi sy dok? Obatnya kianpi pil. Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, O

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Siklus haid adalah keadaan yang dialami secara rutin pada wanita semenjak masa puber sampai dengan masa menopausenya. Normalnya, siklus haid pada wanita adalah 21 hari hingga 35 hari yang dihitung dari hari pertama haid pada periode bulan ini hingga hari pertama haid pada periode bulan berikutnya. Sedangkan lamanya masa haid pada wanita dikatakan normal apabila terjadi selama 2-7 hari. Selain karena adanya kehamilan, beberapa kondisi di bawah ini dapat mempengaruhi siklus haid.

Adapun beberapa kondisi-kondisi tersebut diantaranya adalah:

  • Stres
  • Kelelahan akibat dari aktifitas fisik yang berlebihan
  • Obesitas 
  • Adanya perubahan berat badan secara mendadak (sedangdalam program diet / sakit)
  • Adanya permasalahan hormon
  • Adanya permasalahan pada organ reproduksi wanita
  • PCOS
  • Efek samping dari penggunaan alat kontrasepsi (KB)

Terkait dengan kondisi yang Anda tanyakan, apabila sebelumnya Anda melakukan hubungan seksual namun suami tidak melakukan ejakulasi di dalam vagina, maka tidak ada sel sperma yang bertemu dengan sel telur. Sehingga, kecil kemungkinan untuk terjadinya kehamilan atau bahkan tidak terjadi kehamilan. Penyebab dari terlambatnya siklus haid Anda bisa dikarenakan oleh salah satu yang sudah disebutkan. Jika Anda sedang dalam program diet, dan terjadi perubahan berat badan, bisa saja hal tersebut mempengaruhi siklus haid Anda.

Beberapa tindakan yang bisa Anda lakukan agar siklus haid lancar adalah dengan menghindari stres, konsumsi makanan sehat dan bergizi simbang, jaga berat badan ideal, cukupi kebutuhan cairan harian Anda, perbanyak sayur dan buah-buahan, lakukanlah olahraga secara rutin, hindari menggunakan alat kontrasepsi yang bersifat hormonal (pil KB / suntik KB dan lain sebagainya), dan istirahat dengan cukup.

Apabila siklus haid masih tidak lancar, segeralah periksakan ke dokter spesialis kandungan terdekat agar dilakukan pemeriksaan dan penatalaksanaan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keputihan berwarna coklat yang tidak berbau, tidak perlu dikhawatirkan

Ini Sebabnya Keputihan Berwarna Coklat Bisa Muncul

Keputihan berwarna coklat bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari kondisi normal hingga penyakit tertentu. Keputihan ini bisa muncul sebagai tanda ovulasi, keguguran, hingga perimenopause.