Apakah penyebab haid yang lama?

MM Info Penanya: MM, Wanita, 1 Tahun
Siang dok saya mau tanya, kenapa ya dok saya haid udah lebih dari 2 Minggu belum berhenti, tapi darah yg keluar sedikit sedikit, ga ada keluhan apa" juga dok, kenapa ya dok penyebab nya???
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, MM

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Siklus menstruasi yang normal adalah 21 - 35 hari. Rata-rata dari wanita, mempunyai siklus 28 hari. Cara yang dapat dilakukan untuk menghitung siklus menstruasi adalah dimulai dari hari pertama menstruasi terakhir sampai dengan hari pertama siklus menstruasi pada periode bulan berikutnya. Lamanya proses menstruasi dikatakan normal selama 2- 14 hari, dengan rata-rata wanita mengalami menstruasi selama 2-7 hari.

Perdarahan pada saat terjadi menstruasi juga berbeda-beda, mulai dari berwarna merah terang, merah gelap, merah kecoklatan, coklat, merah kehitaman bahkan hitam. Sedangkan konsistensi dari darah menstruasi bisa berupa cairan, cairan kekentalan, gumpalan a tau hanya sekedar bercak.

Adapun beberapa hal yang dapat mempengaruhi siklus menstruasi adalah:

Terkait dengan keluhan yang Anda rasakan, bila perdarahan menstruasi melebihi 14 hari sebaiknya segera periksakan ke dokter spesialis kandungan dengan tujuan untuk dilakukan pemeriksaan dan penatalaksanaan yang sesuai dengan keluhan Anda.

Usahakan Anda tetap mengonsumsi makanan yang bergizi, perbanyak sayur dan buah, hindari stres dan kelelahan, istirahat cukup, serta cukupi kebutuhan cairan harian Anda. 

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Yoga dapat menyeimbangkan kondisi hormon sehingga gangguan haid bisa teratasi

Lakukan 7 Cara Ampuh Mengatasi Haid Tidak Lancar Ini

Gangguan menstruasi adalah gangguan yang terjadi akibat ketidakseimbangan kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh. Beberapa cara mengatasi haid tidak lancar, antara lain olahraga, yoga, dan mengonsumsi vitamin D.